Wednesday, September 21, 2005

Credit/Debit Card? Berhati-hatilah

Sebelum berkisah sesuai judul, saya mau berterimakasih banyak atas doa dan dukungan teman2 untuk si cikal...semoga Alloh mengabulkan doa kita, pun semoga Alloh membalas kebaikan teman semua... ya sekarang tinggal tunggu jadwal aja buat Raka.

Sekarang kembali saya mau berbagi...ini bukan bagi duka lo, bener2 bagi pengalaman sebagai pelajaran bagi kita. Da saya juga memetik banyak hikmah, Insya Alloh

Kejadiannya hari selasa pagi, ketika saya dengan iseng2 ngecek saldo rekening by online, nah terus tepat dibawah saldo ada rincian transaksi yang telah dilakukan. Disitu terlihat sebuah transaksi yang agak janggal, karena saya merasa tidak melakukan transaksi pake debit card dalam 3 hari, 16-18 september, sedangkan tanggal transaksi itu 16 september. Terus dirunut ke bawah ada lagi beberapa transaksi yang tidak diketahui...nominal masing2 transaksi itu beragam...$5 - $ 36. Waktu itu suami masih di Kampus...malemnya baru beliau periksa, dan ternyata sudah sejak bulan Agustus Transaksi ajaib itu terjadi, kaget dan cemas dan kesel...pada awalnya karena akhirnya mah diam we ceuriks...boong deng hehe kagak nangis kok.

Kaget? karena kami kecolongan hampir 2 bulan, cemas? khawatir dalam rentang malam itu masih terjadi transaksi lagi, kesel? karena sayang akan jumlah uang yang hilang.

Besoknya ke Bank, ganti nomor kartu. Hanya itu solusinya ternyata. Uang mah teuteup we teu kembali.

Ternyata kami menjadi salah satu korban yang kecolongan nomor debit card dengan cara dipake belanja sama orang lain yang entah siapa itu. Jumlah nominalnya bagi kami lumayan menohok apalagi jika dirupiahkan... *lumayanlah cukup untuk makan beberapa minggu disini* but anyway, semua sudah terjadi kudu diikhlaskan, bukan rijki kami. Kitu pan caranya menghibur diri teh hehe...kumaha deui? kalo di Bandung sih bisa menghibur diri dengan semangkuk Baso di si Mas lewat tea. Disini??... pasrah lebih indah hehe.

Pelajaran yang dipetik *siga jambu tea metiknya*.
Waspadalah, sering2lah cek&ricek account kita karena kalo ketauan hal itu terjadi bisa segera ganti nomor kartu. Hanya itu yang bisa saya waspadai sekarang. Karena kalo soal pilih2 belanja Online rasanya selama ini kami juga hanya belanja di tempat2 yg terpercaya *katanya sih terpercaya* macem Ebay, Amazon, dll.

Ah semoga tak berlanjut ke yang lain ya!!, cukup kami saja?
Atau malah jangan2 pernah ada yang punya pengalaman *semogaaa tidaaakkk pediiihhh*? mau share bagaimana mengantisipasinya? yang tidak mengalami juga kalo punya tips triknya...mangga diantos sharingnya!!!

44 comments:

Anonymous said...

Halo teh Lia...ikut prihatin.
Makasih udah koment di tulisanku...:)Hatur Nuhun...

Rahmi Sukma said...

Turut prihatin ya Li... Ada saja orang caranya klo mo nipu ya. Mungkin gag rejeki kita ya Li. Barusan Kakakku juga mo ditipu yang mengaku bahwa kakakku kepilih sebage pelanggan beruntung dari sebuah Operator Telpon Mobile terkemuka. Semuanya seperti terburu-buru. Minta nomor rekening untuk transfer hadiah. Hari geenee mo nipu kayak gitu, mana pecaya la yauw...

Anonymous said...

Duh, teganya ya lia, semoga diampuni dosa si penipu deh, biar insaf... jadi keingetan aku barusan baca artikel tentang identity theft.. wah jadi harus makin hati hati sama segala pin dan data data kartu debit/card kita yak...
eniwei, makasih ya lia buat ucapannya..

Anonymous said...

astaghfirullah al 'adziim..

smoga gag kejadian lagi ya li...

Akira's Blog said...

Lia, di Indo juga banyak kejadian gitu kok. Lagi banyak nasabah bank yg komplain. Soalna, ya itu tadi... banyak yg gak ngrasa nglakuin transaksi. Soalna kan uangnya diambil dikit2 gitu. Jadi klow gak liat transaksi ya gak "ngeh".

Fiuh... klow baca2 gitu, sekarang aku mau rajin2 ngeprint buku tabungan deh ah.

Ophi Nurwicaksono said...

Liaaa sing sabar nyai...ngke aya gantina nu leuwih gede okehhh....
nuhun nya tos sharing....jadi pada waspadalah waspadalah

*bari ngagorowok ka MB mass itu cek tabungan...

ris-SAN-iel said...

duh Lia, kok bisa sih..? turut sedih...
Apa udah ngotot ke banknya kl bukan kamu yg pake? Disini mesti agak ngotot kayaknya..
Setahuku kl credit card bisa deh....(krn ada tanda tangan)tp kl debit aku kurang tahu...
Temen2 lain yg suka pake debit brkl ada yg tahu(?)
Bisa ketahuan ngga? dimana dia pakenya...mis: toko yg sama terus atau pindah2?

ris-SAN-iel said...

tambahan info: lain kali kl ada yg janggal ngga usah nunggu semalam, pasti ada 24 hours phonenya...., lalu tiap bulan ngga dikirim laporan ya? Bank punya kewajiban kirim lho, kl dia ngga kirim , bisa salahkan banknya...
Apa yg bisa ku bantu ya...pingin banget bisa minta banknya ganti rugi!!

Lia said...

Teh Ina, sami2 nuhun oge nya!

Uni Rahmi, segala macem cara dilakukan orang untuk menipu...ya semoga kejadian seperti itu tak berulang.

Neng Deas Iya euy 2 bulan, dasar we tara mariksa, eta mah dari OL neng, jadi gesek2an mah masih bisa sigana hehe. Kumaha mun traktir Basona mun kopdar jaga??. Nuhun doana untuk Raka nya geulis:)

Ly, kudu ditingkatkan kehati2an modus mereka nyurinya dikit2 supaya gak kerasa tapi kan terus berlangsung mah lama2 membludak atuh.

Astri, iya buw semoga nggak kejadian lagi sama siapapun ya!

Retma, konon katanya seringnya kejadian pencurian no kartu kredit yang dipake belanja OL teh sama orang Indo lo...jagoan yang sesat.

amiiinnn, nuhun nya bu gulu! mari lebih waspada.

Mba Susan, itu dipake belanjanya dengan cara OL, beberapa belanja dari tempat yang sama, kami sudah tanyain ke Bank mereka hanya nyuruh kami telepon ke yang jualnya. Tapi teuteup we uangnya mah gak bisa kembali. Mereka kirim kok laporannya tiap bulan walo kadang telat hehe, kaminya aja yang telat meriksa, terlalu berprasangka baik semuanya baik2 sajah. Nasib Buw...gpp ihiks...*pedih hatiku* makasih ya!!O,ya yang phone 24 hours itu gak kepikir hihi...dasar keburu panik aja.

Anonymous said...

Neng Lia, sing sabar 'nya.
Keun we lah, etang2 'nyumbang' buat orang2 yg tidak mampu menjaga diri utk tidak mencuri! :D
InsyaAllah engke kagentosan ku nu langkung deui nya Neng.. Amin ya Allah, ya robbul'alamiin.. :)

Anonymous said...

Iya skarang harus hati2 loohh ma rekening kita apalagi kalo blanja onlen. Soalnya hacker skarang tambah menjamur.

Anonymous said...

Ya Alloh...jalmi teh nya bet taya ras-rasan pisan, emh keun ah wios wae teh Lia mugia kapayuna kenging gentos anu langkung...

Ternyata kita teh harus terus hati-hati ya..

munir's family said...

kayaknya kejadian gitu dah sering deh.. tp aku sendiri jg jarang periksa, soalnya jg jarang pake...mudah2an neng Lia yg sabar ya, InsyaAllh ada gantinya..(bukan saya yg gantiin...he..)

Anonymous said...

Lhah bisa2nya ... jd itu si maling main pake nomer kita gitu yah.... yah emang riskan bgt yah belanja onlen gitu.... apalagi kl ngga di tempat yg bener2 bisa dipercaya yah...

Nia said...

Aduh Teh Lia .... ikutan sedih jg ... benar2 yah itu maling, aku jg sering belanja online, tapi debit card nya terpisah (bikin 2 hehehe ) di isi pas mau order aja ... :D

nuhun udah berbagi pengalam nya, mudah2an ga' terjadi lg ...

Heni said...

wah, kok samaan yah. Hari ini juga kita ngecek ke accountnya kok ada transaksi lumayan gede, padahal aku nggak pernah beli ke toko itu dengan jumlah yang lumayan lah..

karena hari ini libur, yah terpaksa baru senen nih kita urus. mudah-mudahan bisa kembali yah uangnya...

Anonymous said...

euleuh... masya Allah eta maling teh meni canggih pisan :(. insya Allah diganti dengan yang lebih baik ya Lia. punten nembe tiasa mampir ieu teh :(

Anonymous said...

Aduh Teteh, sing sabar we nya, mugia kagentosan di sanes waktos..kunu langkung ageung..ikhlaskeun we mugia janten pahala :)

Anonymous said...

wah..diikhlasin lia ya..dan ati2 lain kali..

kalo di sini ada fasilitas buat nyabut transaksi. nanti banknya ngambil ke rek. penarik..entah itu toko atau apa..

jadi bisa dicegah juga. asal gak lebih dari 2 minggu stl transaksi. tapi efeknya...kita yang berurusan langsung ama nanti kalo toko onlinenya nagih..kok gak ada uang masuk di dia..kita bisa bialng bahwa bukan kita ynag transaksi...ribet juga...

mendingan mencegah dariapdah daripadah... ;)
-ari-

Anonymous said...

pasrah udah bener deh li, emang blom rejeki kali, Insya Allah dapet ganti yang lebih gede ya... tapi kesel mah manusiawi, namanya juga duit sendiri, di colong lagi ya? pengen nge gebuk malingnya deh kalo ampe ketauan!

Momy De' Vieto said...

aduh ngiring prihatin t'lia ... keun weh sing aya babalesna tah ka si 'penjahat'teh ...
Kumaha raka ayeuna sehat???? tabahkan hatimu nya teh, sing sarehat we lah sadayana ... tong janten emutan wokeh????

Anonymous said...

aduh Lia, nyebelin pisan yah tu maling, emang sekarang mrk tuch canggih2 bgt, kitanya jadi gak secure mo pake sistem2 pembayaran yang praktis ada resikonya.

kalo aku siy, walopun jarang cek atau minta print out dari bank, selalu ngecek saldo terakhir..kalo ada beda yang lumayan besar baru deh usut-mengusut..

Lili said...

Semoga Allah segera mengganti yg hilang, aamiin.
apalagi kalau kita ikhlas, terima kasih yah sharingnya.
kejadian yg sama juga pernah menimpa blognya mbak NIke-Yudi, Hamburg

Anonymous said...

wah ngeri ya li?
jadi itu teh karena belanja onlen?
kalo gak pernah belanja onlen bakal aman2 ajakah? punten sayah teh teu ngartos nu kieu2...:(

semoga gak terulang ya li

---febi@spore--

Anonymous said...

2RE796 The best blog you have!

Anonymous said...

kvT9yL Magnific!

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

Nice Article.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Please write anything else!

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

r2cj55 write more, thanks.

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

Good job!

Anonymous said...

Please write anything else!

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Please write anything else!

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

Please write anything else!