*

Friday, September 16, 2005

Adenoid Raka

Di dalam tubuh manusia terdapat suatu sistem pertahanan untuk membendung berbagai macam bakteri, kuman ataupun virus yang bisa menyebabkan terjadinya berbagai penyakit. Pertahanan tubuh yang dimiliki ini, salah satunya adalah Amandel dan Adenoid. Keduanya adalah istilah untuk kelenjar limfa (getah bening) yang ada di tenggorokan. Yang membedakan keduanya cuma letaknya saja.

Amandel terletak di belakang rongga mulut, tepatnya antara dua tekak yang dibatasi lengkung langitan depan dan lengkung langitan belakang.

Adenoid letaknya di langit-langit atas tenggorokan, di belakang rongga hidung.

Fungsi keduanya juga sama merupakan alat pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit.

Di lihat dari letaknya, yaitu di dalam rongga mulut yang selalu dilalui berbagai jenis makanan, minuman, atau apapun yang mungkin terkontaminasi bakteri atau virus, amandel menjadi bagian tubuh yang rawan kena infeksi. Bila terinfeksi amandel membengkak.

Begitu juga dengan Adenoid, Adenoid dilalui berbagai jenis udara yang dihirup hidung, yang mempunyai selaput lendir sebagai penyaring kotoran, tetapi jika fungsi selaput lendir ini menurun, makan memungkinkan Adenoid terinfeksi . Jika terinfeksi maka Adenoidpun membengkak dan saluran pernafasan terganggu akibatnya terjadi bunyi disaluran hidung (semacam dengkuran jika tidur dan bunyi grok..grok seperti pilek jika bangun) sepanjang waktu.

Akibat lain yang timbul dari terganggunya saluran pernafasan,

  • Pertahanan tubuh berkurang, hingga menjadi sering sakit.
  • Tidur tidak nyenyak, karena tiba-tiba nafas terhenti dan akhirnya terhenyak bangun.
  • Konsumsi oksigen ke otak berkurang, yang lambat laun akan mengurangi kecerdasan.

Semua akibat diatas akhirnya memanjang menjadi menurunnya kualitas hidup, karena ketiga hal tersebut sangat penting untuk terjaga kestabilannya.

Tindakan apa yang harus dilakukan untuk penyembuhannya? jawabannya adalah OPERASI.

* Dari berbagai sumber semoga bermanfaat!!

Kenapa tiba2 saya cerita tentang Adenoid?

Sulung kami Raka kini mengalami pembengkakan adenoid. Kami baru mengetahui keadaan ini 3 bulan lalu, padahal bunyi grok-nya dan mendengkur tidurnya, itu terjadi sejak umur 3 bulan. Lama amat??? gak ke dokter emang??. Inilah jawabannya...semoga hanya terjadi pada kami.

Raka lahir di desa dingin Lembang,utara Bandung. Ketika Usia 3 bulan, nafasnya berbunyi. Dokter anak pertama, Hawa gak cocok...dingin. Kasih obat...sembuh bentar. Dokter kedua, spesialis THT, diagnosa sama...dingin. Akhirnya kami pindah ke daerah yang lebih hangat di daerah Muara Rajeun. Masih tetep grok-grok, dokter ke 3, DSA lagi...menduga asma atau jenis alergi lain. Terus begitu, hampir setiap bulan kami ke dokter, semuanya dengan gejala yang sama ya panas, batuk, pilek. Dan jika sudah panas sangat mengkhawatirkan 38 derajat aja sudah kejang...(ahh Kebayang masa sulit itu..). Sampai habis 9 dokter anak termasuk DSA tersohor di Bandung, satu THT, dan 3 dokter Umum.

13 Dokter hanya mendiagnosa dan kasih obat yang membuat sembuh sementara. Saya pernah meminta untuk tes alergi kepada salah satu dokter hebat itu, jawabannya belum perlu. Terakhir saya ketemu seorang dokter muda, ibu temen raka di sekolah, beliau memberi tau mengenai obat natural yang bahannya berasal dari Madu, Jintan dan Zaitun. Sejak mengkonsumi itu daya tahan tubuhnya alhamdulillah bagus jarang sakit malah hampir tidak pernah lagi, walopun grok-groknya masih ada.

Disinilah baru dokter memberi perhatian penuh, tes alergi...negatif...akhirnya X-ray di bagian leher dan ditemukan kalo adenoidnya sudah bengkak. Tindakan yang harus dilakukan? kemungkinan besar operasi? kenapa kemungkinan? karena kami baru punya appoinment dengan dokter THT yang punya wewenang urus adenoid itu minggu depan. Tapi dokter anaknya bilang kalo Raka harus dioperasi.

Sebenernya kami sempat menunda2 bikin appoinment dengan dokter THT, karena khawatir kata finalnya adalah operasi...keegoisan saya, dengan atas nama sayang dan khawatir yang sangat, membiarkannya berlarut. Seharusnya saya bisa ikhlas, pasrah demi yang terbaik untuk si Sulung...Mohon doa ya Temans, semoga semuanya dimudahkan dan lancar!

Bagaimana Raka sekarang? dia mah baik we...groknya tidak mengganggu aktifitasnya tetep ceria dan masih seneng belajar baca tulis, ngitung dsb kadang sampe nangis karena kami menyuruhnya bermain dan dia gak mau. Tetep suka makan dan mulai mau sekolah karena mau belajar basa amerika....


25 comments:

roro said...

euh deudeuh Raka...

eh eta sampe 13 dr? tapi namanya usaha ya... terus namanya tkdirnya, harus diobatin di amerika, sok lah biar tuntas dan raka bener2 sehat dan pintar...

dido'akan raka ku bi roro ti dieu:)

*tadi nelepon? punten gag kedengeran, biasa seger dikit, hiburan :)

roro said...

eh, nambah :

eta gambar raka minum es goyobod? haaaahhhhh? *rada ambek yeuh heheh...

yanti said...

janten iraha bade dioperasi teh? duh mugia lancar nya, sareng janten langkung sehat saterusna.

yanti said...

janten iraha bade dioperasi teh? duh mugia lancar nya, sareng janten langkung sehat saterusna.

Eva said...

Mugia dipasihan jalan yg terbaik baik oprasi atanapi henteu...
yang penting Raka sehat kembali ya sayang....Mugi2 4jjI salamina nangtayungan Teh Lia sakulawargi...amin.

Raka said...

Bi Roro (teu Ua yeuh hihi) nuhun pidu'ana...takdirna ku dokter amerika yeuh damangna Insya Alloh. Eta teh Es campur...nimkeh memang nu emamna ge nepi ka peureum kitu hihi.

Tante YantiBelum Tau waktu tepatnya, baru dapat appoinment minggu depan dengan dokter THT-nya. Nuhun do'ana.

Bi Eva Nuhun pisan pidu'ana...ibuna nu reuwas teu puguh rasa teh. Kedah Ikhlas nya!

yuni said...

li, Insya Allah lancar li, yang penting full usaha & doa-nya ya. kita doain juga dari jakarta biar semuanya lancar, raka cepet sembuh, cepet bisa bahasa amerika:-)

ps: makasih posting soal adenoid, jadi tau nih & bisa waspada ya...

Ria said...

alhamdulillah udah ketauan, lbh baik tlambat drpd gak sama skali kan ya. kakaknya Youssof malah udah operasi adenoid itu dr umur 2 thn. ya krn itu, sering flu 'n infeksi telinga...krn cairan dr idungnya ngalir ke blakang telinga. klo emang hrs operasi ya gpp lah Li...demi kesehatan sterusnya kan. smoga lancar ya...amin

Nia said...

Teh Lia ... mudah2an opearsi amandel nya Raka lancar, Insya Allah.

Duuuuuh, eta bagi atuh es na ??? ... :D

Ibuna RaKa said...

Teh Yuni nuhun pidu'ana...iya kami usahakan dengan maksimal pun do'na ngan nya eta we lewang dan melang.

Ria,sayah kudu ngobrol atuh dengan dikau kumaha dulu kakakna Youssof dioperasi. Raka sih gak sampe berpengaruh ke telinga,tapi teuteup we kudu dibuang itu adenoid.

Teh Nia, nuhun pidu'ana...sanes amandel nu dioperasina tapi adenoid tatanggina amandel hehe. Hoyong Es Campur? kadieu yu!!

safarindiyah said...

Turut mendo'akan semoga Raka lekas sembuh. Amiin. Kita hanya bisa berusaha, mbak...yg sabar yaaaa. Turut sedih juga kalo baca anak sakit dll. Kasihaaan.
Syafakallahu buat Raka. Amiin.

S-U-S-A-N said...

Lia, aduh udah lama ngga blogwalking....baru denger....
jgn kuatir kl emang harus dioperasi , kan demi kesehatan dia selanjutnya...
menurut aku sih lebih cepet lebih baik...drpd tertunda2...
semoga lancar...

wawa said...

Semoga semua urusan operasi Raka dimudahkan ya Li'.. dan semoga dikau sekeluarga sabar ngadepin ini.. amin!

Rainier & Mom said...

lia..thanks for sharing, rai juga suka grok-grok kalu tidur, kalo kata dokter sih itu karena dia alergi aja, ntar kalu ketemu dokter lagi aku mo tanya2 juga soal adenoid :)

moga semua proses operasinya lancar yah kang Raka..

shendy

Irma said...

Euleuh Raka..

Meuni nembe terang yeuh.. duuh hapunten nya, nembe jalan-jalan deui yeuh Bi Irma teh. <-- leres pan 'nya, abdi mah Bi Irma!?? hihi :P

Sok ah, mugia lancar sagala-galana. Teu nanaon pami kedah operasi oge, nu penting mah Raka sehat selalu!! Okehh? :D

Heni said...

waduh, kasihan Raka...semoga cepat sembuh ya...

Menurut sedikit pengetahuan yang saya tahu, adenoid itu umumnya bisa mengecil dengan sendirinya. Adenoid itu fungsinya seperti tonsil (amandel) yang Lia sudah tulis. Biasanya orang akan kalau memang benar-benar menghambat jalan nafas dan umumnya dilakukan setelah anak berusia 7 tahun, karena diangap diameter tenggorokannya sudah tidak membesar lagi.

Sekali lagi Lia, ini yang aku dapet dari kuliah dulu di Indo. Kadang memang terdapat perbedaan dalam menegakkan terapi. Biasanya karena perbedaan musim dan pola penyakit.

Maaf kalau terlalu banyak berkomentar. Semoga semuanya berjalan lancar ya...:)

Heni said...

Tambahan nih, jadi lupa cerita soal CCTAP ;).

CCTAP itu Child Care Tuition Assistance Program. Bisa dilihat disini : http://www.housing.wisc.edu/OCCFR/web_pages/cctap/policies.htm

Aku kurang tau apa di Amherst ada atau tidak. Anak kita bisa apply CCTAP bila salah satu ortunya student dan status disini sebagai Teaching Assistantship (TA), Project Ass (PA), atau Research Ass (RA).

Fund ini dipakai kalau anak kita mau sekolah. Jadinya bisa mengurangi beban tuition feenya.

Lili said...

Kang Raka, Syafakillah.
Semoga lancar nanti operasinya. Jadinya kan bisa tidur nyenyak lagi, Insya Allah.
Doa dari Fawwaz utk kang Raka.
Met belajar Basa Amerika deh..hi..hi.

Ossy said...

Waduh, ini penting bgt dibaca ibu muda spt dirikuh mom, buat tambah pengetahuan. Mudah2an kl jd operasi semuanya bisa berjalan dgn baik yah....
Semua orang tua pasti berusaha memilih yg terbaik buat anak ya thoh....

Eh tp ngomong2 itu es-nya Raka koq ngeledek banget yah.... uhu...uhuhu....
Ini anak pipinya luthu banget towel dulu aaahhhh....

retma-haripahargio said...

Ah, Lia. Ini mah yang gejalanya ama kayak Nikki kan? Hua..... operasi??? duuuuh. Kok jadi gituw sih.
Lah, aku juga sama kayak diriumuw neeh. Suka menunda-nunda. Nikki belon dakuw bawa ke dokter spesialis juga! :( kemarin pan sakit batuk+pilek.

widie said...

Aduh..ikut sedih neh..baca ceritanya. Iya deh mumpung di Amerika raka diperiksa secara mendalam, takutnya bahaya khan Teh...ya memang kitanya sangat kuatir tau anak mau dioperasi segala tapi kalo itu jalan terbaik, ya kita hanya bisa berdoa dan berusaha.
Kami jg ikut mendoakan kalopun memang dioperasi ya..semoga berjalan dengan lancar dan Raka bisa sembuh dan ngga sakit lagi ya, amin. Untuk Teh Lia n keluarga semoga diberikan kekuatan yah...

Anonymous said...

aduh raka semoga gak masalah adenoidnya ya...

....insya Allah lia...didoain yang terbaik aja..kalo emang diagnosanya gak perlu operasi..alhamdulillah....

kalopun operasi...sebagai alternatif terkahir..insya Allah lancar ya..banyak kok anak teman yang di sini akhirnya didiagnosa adenodinya bengkak dan kudu operasi...tapi alhamdulillah..gak ada masalah dan lancar ...

semoga ya...turut mendoakan...

itu cakep banget dengan sunglass-nya.. ;;)

-ari-

astri said...

lia, punten nya baru baca soal ini skarang.. sibuk terus we di kicen...

raka, smoga cepet sembuh yah, kalow bisa mah gag jadi oprasih...
smoga gag grog-grog lagi..

nyi barra, makasih banyak yah doanya buat deeja... ah dikaw pasti bisalah punya anek geulis jeung pinter.. makanya atuh bikin hiji deui.. hihihiy... :D

Ophi said...

Aduuuuhh ieu murid sayah...lancar lah Lia kalo kudu dioperasi oge..meh Raka bisa sakola di TK maya abdi dengan lancar..hehehe...tuh Li eta oge kakanya yusuf Ria teu nanaon..diduakeun lah ku bu gulu okehhh

*)bari langsung kabur deui...blogwalking ngebut yeuhhhh

munir's family said...

aduh Lia...informasi menarik nih...da anakku jg kadang suka gitu kalo tidur..grok..grok..yg bayi..tp aku pikir krn emang lg dingin aja..mudah2an cepet sembuh ya buat raka, biar tambah pinter