*

Friday, September 30, 2005

Apple Picking dan Motong Ayam

Duh sudah lama tidak posting dan tidak blogwalking punten...punten, minggu ini agak sok sibuk hehe....

Selasa kemarin, saya dan anak2 ikut acaranya Round The World Woman, Apple Picking. Tempatnya agak jauh dari Amherst, di kota sebelah, Belchertown, sekitar setengah jam perjalanan, disini mah setengah jam itu terhitung agak jauh karena tanpa macet sedikitpun. Kami dijemput volunteer jadi tinggal siap duduk dimobil dan sampai, tidak usah memikirkan naik turun bus.


*Pengalaman Pertama mereka*


*dengan sekuat tenaga gigitnya...lalu...haseuummm*


*Mampukah daku menggigit apel gede ini?ternyata...Tidak sodara-sodara gak muat mulutnya*


*Rehat menanti saat pulang dan Rai tetep we belon bisa menggigit apelnya*


Rabu dan Kamis di Family Center, yang sedang heboh mempersiapkan acara besar Apple Harvest Festival sabtu besok, dan saya kebagian urus2 food dan membantu menjahitkan tali2 di pants sebagai bahan kreasi anak2 bikin scarecrow aka bebegig di basa sunda mah. Sudah 3 hari gak beres-beres, berkejaran dengan urusan dapur *alesan*.

Dan hari jumat ini hari besar bagi saya, kenapakah? karena hari ini saya menyembelih ayam...akhirnya jadi juga.

Ceritanya di english class seminggu lalu saya berkisah tentang Ramadhan dan orang menanggapinya sampai kemana2 akhirnya tiba pada tarap makan daging, kembali berceritalah saya bahwa di Islam ada tata cara khusus untuk menyembelih hewan ternak hingga itu disebut halal dan bisa dimakan. So...si Ibu Janet Brongers sang Tutor cerita kalau beliau punya ternak dirumahnya ada ayam, angsa, kambing dan Pig. Dan sekarang ini 14 ekor ayamnya sudah tidak berproduksi jadi tidak terlalu berguna, beliau bilang kalau mau diambil boleh saja. Dengan berbinar-binar ***tuing...mikir, lumayan nih bisa dapat segalanya, ati ampela, ceker, usus:P kan belum pernah makan yang begituan selama disini dan kepikir juga, sayang tuh ayam karena akan dibiarkan mati dengan sendirinya...*azas manfaat euy*.

Akhirnya, hari ini tiba pada kesepakatan, saya dengan 2 orang teman english class dijemput Janet di rumah saya untuk sama2 kerumahnya. O,ya disini peraturannya ternak tidak boleh dipotong sembarangan harus di Farm. Tadinya saya mau ngajak salah seorang lelaki dewasa, maksudnya untuk bantuin nyembelih atau nangkep ayam atau apapunlah, tapi berhubung pas waktunya jumatan jadi gak bisa. Dan karenanya pula, kita hanya mampu nangkep 3 ayam untuk disembelih, susah ternyata hehe...Janet nawarin, mau berapa banyak, tadinya saya mau banyak biar bisa membagi lebih banyak tapi apa daya gak ada tenaga untuk nangkepin ayam yg lari kesana sini hehe yang paling utama sih MALU.

So...jadilah 3 ayam SAJA saya sembelih *boro heboh teh deg2an sebelumnya karena khawatir grogi nyembelih ayam ditontonin orang:P* dan sudah dibersihkan, untung tidak banyak karena susah ternyata ih bersihin bulunyaaaa...ampuuuunnnn 3 ayam teh 3 jam geuningannn. Bersihinnya sih di rumah saya. Tapi Alhamdulillah pengalaman euy, mana rumah dan backyardnya Janet meni luaaasss dan baguuusss pisan, banyak barang antik pun ada lemari, meja kursi, gong asli buatan Jepara Indonesia kita sodara...jadi kami wisata mata tadi. Malah sempet foto2an kayak di museum. Fotonya nyusul ya di kamera temen.

Ini calon telur yang ada didalam badan ayam, saya ambil waktu membersihkannya tadi, rupanya salah satu ayam yg disembelih itu sedang bertelur. Sayang sekali, yang bakal telur paling gede malah hampir jadi tinggal mengeraskan kulitnya.


Pssstt...sembelih ayam ini mungkin bukan urusan tega atau tidak tega (menepis anggapan jagoan yeuh Nyi hehe sayah malu.), karena sebenernya saya juga menguatkan tekad ketika akan menyembelih dan malah setelahnya diam dan terpekur *reuwas* yang sempat diduga Janet sebagai salah satu ritual cara pemotongan ayam secara Islam hehe.... Dulu bapak saya pernah mengajak saya sembelih ayam dan memperlihatkan caranya, beliau bilang supaya tau dan mengerti...saat itu tidak kepikir untuk bisa, tapi alhamdulillah buktinya sekarang bermanfaat juga. So....siapa mau ayam bakar siniiii!!!!

15 comments:

Ophi said...

huaaaaaa Lia kamuuuu killer...hihihi....
jagoan sumpah, saya mah geus muntah2 kali...hebad hebad...binangkit!..
trus mana nih usus gorengnya...
slurppppp..

jadi munggahan atuh nyaaaa

Komen foto : Raka meuni bilangnya haseuuummmm....hihihi..Rayi ka ibu kitu bantuan ngegel..tong motoan wae..hehehe

Deasy Roberts. said...

Eleuh Lia...kamu teh meuni jagoan neon bisa-bisa an motong hayam...
Eta ibu guru pernah ka indo kitu?punya gong sagala...


Hahaha...lucu ningali muka Raka sareng muka Rayi pas lg makan apel.Tuh apel pasti haseeuummm jeung teuas...!!!.

retma-haripahargio said...

Halah... dakuw ampe shock bacanya Li. Tnyata dikau huebat dunk. Bisa nyembelih ayam. Ih, klow aku gak bisa! Utamanya, gak tega! :(

Ituw, kok ya bisa-bisaan, telur ditata. Huahahaha.... semangat banget buwat dipajang di blog deh ah! ;)

lily said...

lia, dikauw te o pe banget sih !! acung jempol tangan 4 deh (pinjem jempol si opal juga hihihi..). aku sih gak tega motong ayam. lebih tegaan makannya *malu malu..*

widie said...

Serunya tuh yang pada metik apel ya..puas...bagi2 dong...hehe

Wah ngga nyangka teh lia tega juga nyembelih ayam..hiks..mang dirimu perkasa teh huhuhu...lkhan serem tuh..trus sapa yg megangin ayamnya saat disembelih tuh..duh seumur2 aku ngga bs ngebayangin neh nyembeleh ayam.

Berarti lagi pesta ayam dong di rumah..mmhhh...ayam bakar mah asyik dingin2 gini ya..ayo kirim atuh ke Hartford atu ekor...hihi..nawar.

teh Lia sekeluarga, kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ya..semoga puasa kali ini lebih baik dr tahun2 sebelumnya, dan mohon maaf apabila ada salah2 kata ya...

roro said...

wahahahah... bener ophi, usus gorengna manaaa..
kalo usus goreng dikirim 3 hari gag akan basi hihihi.... *heureuy...

akhirnya berhasil selamat atuh lah...

Lia, wilujeng shaum... maap lahir bathin yaaaa....

Rahmi Sukma said...

Hebad euy bisa nyembelih ayam. Sampe sekarang aku bingung caranya dan rasanya kok gag tega ya... Klo dipaksain bisa juga ya Li?
Padahal waktu kecil Ibuku pelihara ayam kampung dan bagian yang motongin Bapakku (alm). Asyik liatnya, palagi nemuin telor yang belom jadi kek Lia susun2 itu...
Klo skarang kita di Indonesia lagi mengurangi makan ayam. Musim Pluh burung begini takut juga....

Bidadari MungiL said...

Bunaaa...kok bisa sih ya nyembelih ayam, berani gitu! Mohon maaf lahir bathin ya Bun kalau2 selama ini ada yang nggak berkenan. Sekalian mau nodong resep untuk sahur dan buka, yg seger2 menggoda selera gitu bun...ditunggu nya'

yanis said...

Lia...huebat euy bisa nyembelih ayam, daku aja gak ada kepipikiran buat bisa nyembelih...pokoknya TOP BGT the chicken killer woman...he..bener gak seeeh...

*Hapunteun sadaya kalepatan, wilujeng shaum Lia ...

Nia said...

Lia .... eleuh bisaan pisan bisa motong ayam .... mauuuuuu atuh ayam bakar na, di tunggu yah hihihihi .... j/k

Ai ... sok di bantu sama Ashlee makan apel nya ... :D

Riz said...

Hai...Lia pha khabar. Buat lia sekeluarga selamat menunaikan ibadah puasa mohon maaf lahir dan bathin ya?

Ih...ngiri ih ngeliat apple picking nya soalnya aku lagi males kemana2 nih.

Anonymous said...

Waduh, Apelnya...
Gak muat mulutnya ya buat gigit apel.. sini nasha bantuin gigit.. Nasha kan udah punya gigi 4... hehehee

-nasha-
http://nasga-nadeera.blogspot.com

yanti said...

euleuh.. hebaaadd!!!!! wanian euuy... saya mah pusing liatnya juga :P

echa said...

euleuh, jagoan euy, bisaan nangkap dan nyembelih ayam. two thumbs up buat ibuna :-)

yuni said...

weleh-weleh, pernah kerja di pemotongan ayam ya bu? hehehe heibad euy berani motong ayam sendiri:-)
liaaaaa, aku suka banget tuh sama calon telur ayam, sekarang susah banget loh ngedapetinnya:-(