*

Thursday, March 13, 2008

Space

Masih nyambung tulisan sebelumnya tentang berbagi waktu dengan anak-anak.
Idealnya kan begini; *ini idealnya saya ya, dari teori dan pengalaman*

  1. Waktu keluarga, dimana semua anggota keluarga berkumpul.
  2. Orang tua (ibu dan atau ayah) punya waktu khusus dengan setiap anak
  3. Anak punya 'space'nya sendiri
  4. Anak-anak punya waktu mereka bersama
  5. Orang tua punya waktu bersama
  6. Ibu perlu "own space" dong!
  7. Ayah juga butuh sendiri nya Yah? atau ayah mah space di luar rumah saja, di rumah mah urusannya keluarga? *ah belum waktunya sepertinya, maklum masih student *
Coba ya kegiatan saya dirumah ngapain aja, jangan2 banyak no.6 nya hehe...

Pagi, menyiapkan Raka dan Ayahnya sekolah, lengkap dengan lunchnya untuk dibawa. Kadang2 yang dua masih tidur, kalaupun tidak tidur ya acara harian langsung dimulai.

Sepagian urus Ai dan Ade, makannya dan mainnya. Kami bertiga bersama-sama. Kadang Ai maen games atau main sendiri di kamarnya (no.3). Kalau Ade tidur, si Ibu langsung ke dapur masak dan beberes. Seringkali dimanfaatkan untuk ngobrol sama Ai berdua saja, main spelling bee atau I spy atau hanya cerita. Tidak jarang juga masak camilan yang Ai suka dengan dibantuin Ai (no. 2 with Ai) tidak lama sih memang, karena si Ade juga tidur siangnya sebentar saja.

Jam 3 sore Aka pulang sekolah, sembari ngemil dia pasti langsung cerita disekolah, memperlihatka hasil karyana seharian. Saat itu walaupun Ade dan Ai ada sekitar tapi saya ngobrol dengan Aka. Setelah itu yang dua maen barengan, nonton tipi atau di kamar bersama toysnya. Tidak jarang Ade ikutan maen bareng(no. 4). Ibunya kembali bertempur dengan dapur dkk. Kalaupun Ade tidak ikutan maen ya ikut ke dapur dibawa masak atau beberes.

Ketika jam makan malam tiba, semuanya berkumpul. Kalaupun ayahnya pulang telat, berkumpulnya jadi pindah ke waktu sholat atau setelah sholat tapi sebelum tidur (no.1).

Waktunya tidur malam, jam 9 Aka baca buku kadang ditemani ayahnya kadang sendiri (no.3) Seringnya jam2 ini, saya ngobrol sama dia, tentang banyak hal berdua saja, gak lama sih memang paling 10 menit saja (no 2 with Aka). Jam tidurnya Ade dan Ai kadang bentrok, jadi pas Ibunya ngurus Ai, ade sama Ayah, kalau Ayah sudah tidur, ya Ai yang ngalah kudu nunggu Ibu menidurkan Ade dulu. Soalnya Ade mah butuh waktu sebentar untuk ditidurkan sedangkan Ai lama karena harus baca buku dulu yang paling sedikit 3 biji.

Jam 11 malam baru semua anak tidur. Kalau ibunya mau "gaul" ya nginet yang diclaim sebagain kebutuhan no 6 itu. Kalau tidak ya nonton tipi sambil menemani si Ayah "bermain" dengan komputer atau kertasnya (no 5). Jika no 5-6 ini didapatkan berarti hari akan berakhir dini hari berikutnya .

Itu kegiatan weekdays, tidak selalu sama persis sih tapi umumnya begitu. Kepikirnya cukup waktu buat anak2 teh, eh ternyata masih dapat complaint juga. Jangan2 karena kebanyakan jadi merasa perlu lebih hehe.

Jadi Insha Alloh, saya tidak hanya mengumbar kata2 dengan sering2 bilang "I love you" dkk, pun tidak sekedar hugs dan kisses. Tapi juga mata dan hati disana bersama mereka.

Anyway, bukankah bagus juga menerima complaint dari anak2? minimal mereka bisa mengemukakan kebutuhan dan keinginannya jadi kita bisa lebih aware lagi kan ya hehe.

O,ya tadi sebelum Aka bobo, kami berdua ngobrol. Terus dia bilang gini
"Ibu I know that you love me, can you do more?"
"do you think Ibu don't have enough love for you?" kata saya sambil kerung.
"No, your love is enough but I need you do more", kata Aka.
"Naon kitu?"
"I need you to help me clean up my room, so tomorrow after school I'll just play the computer". Jadi ditagih deh.

Aka hanya boleh main komputer Jum'at-sabtu. Tapi sebelumnya punya tugas membereskan kamarnya sendiri.

Kalau Ai lain lagi....

"Ibu, you say that you love me, can you be with me now?" itu rayuan Ai kalau tidurnya mau ditemani.

Dasar anak-anak teh banyak keinginan, hah baru sadar jangan-jangan ketularan ibunya .

1 comment:

Yanti Wyant said...

hihhiihi Lia..beginilah nasib jadi ib rt, kerjaan 24/7...ngak ada holidaynya heehheeh :)

Happy weekend :)