*

Saturday, March 08, 2008

Acara Makan

Tiga anak dengan 3 pengalaman yang berbeda, mulai dari hamilnya, proses lahiran, juga perkembangannya beda-beda. Kini di yang ke-3 ini si Ibuna sedang kepayahan dalam urusan makannya Ade Ilman.

Ade baru dikasih makanan tambahan di usianya yang ke-6 bulan, jadi saat ini di bulan ke-2 dia belajar makan. Tapi dalam rentang waktu yang hampir 2 bulan itu hanya satu minggu dia bisa makan dengan tenang, banyak tanpa protes yang berarti. Banyak cara yang dipakai Ibuna untuk membuat Ade makan. Biasanya cara satu berhasil dalam satu hari, esoknya diterapkan gagal lagi, cari taktik lainnya lagi, gitu we terus. Kadang mingkem, kadang ditepis, kadang sembunyi, kadang dikeluarkan lagi ah...Ibu-ibu pasti tau deh bagaimana urusan makan ini. Padahal makanannya bikin sendiri, menunya divariasikan juga.

Ini berbagi tips sama neng Ira yang Raditnya sedang GTM (Gak tuka makan ya Ra? hehe) siapa tau di Radit bisa sukses;

  1. Ciptakan suasana yang asik
  2. Buka Bib, kadang dia gak suka pake bib, kagok mungkin.
  3. Makan bareng seluruh keluarga. Nyuapin kakaknya sekalian nyuapin adiknya
  4. Makanan bayi simpan di piring makan kita, kadang2 Ade mah mau ngambil makanan kita.
  5. Disuapin pake tangan, maklum orang sunda hehe ngaruh teu nya? tapi berhasil beberapa kali.
  6. Sambil nonton baby-baby makan
Bari itu yang diterapkan, ya di gilir saja akalnya. Tapi tetep belum sesukses seharusnya, masih mencari taktik juga. Ibu-ibu punya taktik jitu lainnya? terima kasih kalau bisa berbagi, buat bayi nih ya...belum bisa diterapkan akal2-an buat anak gede mah hehe. Searching di Inet, umumnya yang susah makan tuh toddler, belum bisa diterapkan di My Ilman.



1 comment:

ira i said...

Teh Lia, yang nomor 3,4, dan 5 jitu bangets!!....(apalagi yg no 5 ah, tangan 'Ibu' memang 'ajaib')
Alhamdulillah sekarang Radit udh gak GTM lagih...heuheuheu....
Ilman, yuuu mamam yuuu !!!