*

Monday, May 16, 2005

Game...Game...dan Game jadi Games

Sejak hampir 3 bulan lalu,Raka kami perkenalkan games di komputer,awalnya dia bisa saja,maen sebentar,nggambar lagi,puzzle lagi,nonton tv lagi dll. Tapi yang sebentar2 itu ternyata hanya sebentar,karena kemudian dia jadi keranjingan,setelah berbagai games di cd bosen dia pindah ke Internet,ada barney,sesame street,fisher price dan teman2 lainnya di Pbskids. Kamipun berebut komputer,lalu dia dapat jatah sendiri,tapi monitornya gede dan mejanya tinggi,walopun duduknya sudah diganjal bantal Raka masih harus tanggah (menengadah),akhirnya korsi makan pun jadi pilihan,tapi jadi agak merepotkan karena kalo untuk naeknya harus dipangku,dan kalo sudah duduk disitu,mau makan tinggal bilang,minum tinggal pesan(jadi inget lagu Dina Mariana jaman baheula hihi)

Bertahta dikursi makan juga gak lama,karena tanpa diketahui sebabnya Monitor komputer Raka tiba2 mati,akhirnya Raka kembali ke laptop ayah deh.
--
Masih agak normal duduknya:)

Dan beberapa minggu terakhir,maen games ini sudah kebangetan,pernah dia tidak berhenti dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang,turun dari kursi hanya untuk pipis,diajak maen yang lain nggak mau,makan mau disuapin sambil ngegames,kadang serius,diam kadang juga teriak2 sambil cengar-cengir dan sering kedengeran "great job...hahaha Ibuuu Aka great job cenah".
Sekarang Ai pun nggak ketinggalan sukanya,suara2 dari games itu kan menarik terus gambar warna-warni ditambah kakaknya yang ceria,Rai pun minta naik ikutan maen. Raka nggak rela,soalnya Ai suka mencet sembarangan dan gamesnya jadi kemana2,
,lalu Ai dipangku ku Ibu nonton games,tapi tak bertahan lama karena keukeuh ingin ikut mencet,teuteup gak aman. Akhirnya Ai harus rela nonton Raka maen sambil berdiri jinjit dibawah,kasian sih,tapi itu satu2nya cara aman Raka tidak terganggu dan Ai juga tidak protes seneng aja dan ikut ketawa tiwi gak lama sih,bentar2 nenen,emam,maen bola,nonton tv dan bobo.

Yang terasa menjadi masalah,lama waktu maen gamesnya itu lho...aduh gak nahan. Masa Raka maen games sehari bisa 5-6 jam,kadang tanpa jeda,memang tidak tiap hari selama itu,ya minimal 3 jam sehari ada. Dilarang dan dikasih pengertian sudah,diberi maenan lain tertariknya sebentar. Akhirnya saya sesering mungkin ajak anak2 keluar,ya Play ground ya family center kemanapun asal tidak di rumah,awalnya juga susah diajak keluar,banyak tawaran,hayu keluar tapi komputernya minta dibawa euh mana bisa atuh ka...,selalu harus dibujuk kecuali kalo dibilangin mau pergi sama Tante Susan dan Daniel dia semangat.

Banyak manfaatnya sih,vocab basa amerikanya nambah banyak,motorik halusnya terasah dengan klak klik,nalarnya juga,belajar ngitung wah...banyak deh pokoknya dan lagi ngegamesnya itu gak lagi dibantu bisa browsing sendiri. Ibunya pun terbantu,Raka anteng kan bisa mengurus yang lain. Yang saya khawatirkan mata Raka tidak sehat,terlalu lama melototin komputer sedangkan dia baru saja 3 tahun.

--
Ngegames dengan berbagai gaya,cikal...cikal...

O,iya pernah suatu malam ketika bedtime,kami ajak dia gosok gigi dsb,keluar tantrumnya,dan mempertanyakan sayang kami padanya. Intinya dia bilang "sayang nggak padanya,kalo sayang kenapa maen games dilarang". Euleuh....

12 comments:

ika said...

hahahahaha... seru euy... pake tiarap2 segala... hehehe

Zubia's Mom said...

ya ampuuun serunya hehehe. Zubia juga dah mulai suka main gamesnya Teletubbies, wah, jadi takut keranjiangan juga:-D

Oh ya, blognya dilink pake nama family Al Barra aja ya-:-D

Shendy said...

waduh Raka, jangan sampe ketagihan lho.. adek sepupu tante yang masih kecil juga udah keranjingan game dan play station, waduh repot..kemana pergi aja rewel, pengen cepet pulang biar main game di rumah :)

yomori said...

Hi hi kak Raka lucu dech, gayanya kayak yang serius aja main gamenya

safarindiyah said...

waduh mbak, harus diketatin tuh jatahnya main gamenya, takut kecanduan..:) Irfaan Irsyad juga seneng main game di dpn komputer, Alhamdulillah gak betah lama2..mudah2an kami jg bisa mengarahkannya. Sama2 berusaha yaa:)

Lili said...

WAh sudah mulai ketularan mamanya, menjelajah layar computer.

Tapi Fawwaz juga senang banget berlama2 main game di depan PC. memang jaman-nya kali yah?

Dulu kitakn mainnya di luar rumah terus, main gundu, galasin, petak umpet dll. Tapi anak sekarang, duduk anteng di layar nan semu.

Gak pa2 kok, yg penting bisa menyaring yg baik dan tidak..ya kan Raka.

Mbu Rian said...

Waah udah mulai suka nge-games ya raka.. siap2 rebutan terus tuh teh lia he..
Rian mah ketagihan games setaun yg lalu, jd skarang dah agak bosen, sekali2 aja maen gamenya kalo mbu lg masak, sore2 senengnya sepeda2an atau maen lego..

Shafiyya Ibrahim said...

eleuh eleuh..menih seru gitu posisinya kalo lagi ngegames.

raka..lutju banget sih...:))

jangan kebablasan tapi ya nak...hayo lia..bikin kesepakatan bersama aja...:)

Rahmi Sukma said...

Alow salam kenal...
Aku tuch juga mengalami hal yang sama pada Ghazy. Dia neeh klow maen games suka lupa waktu. Ujung2nya ngrasa aku gag sayang ma dia (padahal dia gag tau tuch, dia itu paliiiing disayang). Cuman mungkin karena lebih besar dari Raka, jadi udah bisa dibilangin dan aku kasih aturan2 main. Kapan boleh main dan mainan apa yang goleh dan gag boleh... He...he... btw aku juga baru tadi posting tetang Ghazy yang keranjingan PS. Dan iseng liat teman2nya Lisa jadi buka blog Raka iniiiiy... Wah jadi panjang nih critanya.

alif said...
This comment has been removed by a blog administrator.
TomInta family said...

Raka, rada teu ngartos yeuh tante Inta, naha maen games teh bari totongengan sareng teterekelan kitu?? games naon atuh eta teh??
Kade socana bageur :) Ulah siga tante Inta dunya teh meni poek ari teu nganggo kacasoca teh.:-(

aprilisa said...

Gayanya oke juga tuh..heheheh. Tapi hati-hati, jangan jadi kecanduan ya..