Wednesday, July 26, 2006

West Haven & New York City

Alhamdulillah akhirnya saya punya juga cerita weekend, selama ini kan jarang2 ada yang istimewa di weekend-annya :P

West Haven

Hari Sabtu lalu, dapat undangan dr Kumpulan keluarga Indo di Connecticut mo mengadakan acara pengumpulan dana buat korban bencana di Indonesia, melalui
Teh Juju dan Teh Rina. Dengan modal nekat, karena untuk pertamakalinya nyetir jauuuhh, jam 7.45 sabtu pagi dari rumah, anak2 diangkut saja ke mobil karena masih bobo. Jarak yang 96,6 miles (kira2 155 KM) ditempuh satu setengah jam. Alhamdulillah dijalan lancar, sampe sana langsung mendapur dan menyate ...horee makan, sate Ua Juju tea taya tandingan nya Ka!!

Sebelum tamu dateng, anak2 maen air di pool hasil tiupan Ua Atis. Si Ua ni hebat kitu ditiup hihi. Tamu sudah mulai berdatangan sejak jam 3 sore, banyak banget jenis makanan, Ai tergila2 dengan Basonya Tante Rina, Raka juga deng, Bapana kana gule kambing emakna sagala we nu aya dimakan. Sayang teu difoto lupa, konsen kana makanan :P,




*nuhun nya ibu2 undangan dan tumpangan menginapnya, semah yeuh, ngahesekeun nu boga imah tea hehe*

New York City

Hari Ahad-nya, kami ke NYC naek kereta, tanpa persiapan yang berarti, modal nekat. Tak punya tujuan pasti mo kemana, pokonya ke NYC hehe. Dari rumah jam 11 dianter Teh Juju ke station kereta di New Haven, jam 11.52 kereta berangkat. Anak2 seneng, excited pisan. Sampe grand central NYC dua jam kemudian, wah besaarr dan bagus. Beli tiket subway yang $7/org buat seharian, dan langsung pergi ke Time Square, duh meni besar geuningan kota teh, Gedung tinggi, orang banyak, mobil banyak jadi jalan terlihat sempit. Gak lama disana, sempet mampir di Madame Tussaud museum, sudah banyak yang ngantri beli tiket, tapi meni mahal pisan $29 buat adult dan anak2 $26, lha ongkos kereta wae $28 pp, masa ini lebih mahal hehe. Jadina teu masuk tapi mayan ada 2 patung lilin diluar batas bayar jadi ada lah fotonya sama bapa Morgan Freman, lumayan hehe.



Dari time square, kami kembali ke grand central, naek subway yang menuju Brooklyn Bridge depan City Hall. Jalan menyusuri jembatan itu sekira 500 m, cape dan panas tapi tetep dijalani, ya namanya jalan2 hehe, jembatan ini untuk pejalan kaki, sedangkan mobil bisa melalui manhattan bridge disamping si brooklyn bridge ini. Pulangnya sempet istirahat di taman city hall beli Ice Cream bird kata Ai mah, karena di mobil si Es krim ini banyak Burung yang bertengger lagi bermain2. Dari situ hanya selang se blok ke WTC, tapi berhubung sudah sore dan pengen ke liberty jadi kami kembali ke subway.




Tampak di blkg manhattan Bridge

Selanjutnya perjalanan berlanjut ke arah Bowling Green, subway terakhir menuju ke staten Island dan Island2 kecil lainnya termasuk Liberty. Ternyata si Bowling green ini tutup jadi pake alternatif subway lain yang ke arah hampir sama tapi masih kudu jalan lagi menuju ferrrynya. Antara Subway dari city hall kami ketemu ibu sepuh yang katanya mau ke bowling green juga, akhirnya diajak bareng, pas berhenti, kami bingung karena tidak tau tujuan ibu ini mo kemana, bowling green tutup. Beliau tidak bisa bahasa inggris, beliau korean. Dah hampir nangis si ibu teh. Akhirnya saya ajak we naek nyari tempat informasi. Sambil larak-lirik, saya liat ada gadis berwajah korean, ditanya we. Alhamdulillah memang mereka korean, jadilah penterjemah ibu ini. Dan si ibu memang mo naek ferry ke staten Island, jadi sudah jalur yang benar. (Hebat nya si Ibu wanian jalan sendiri).

Sampai di battery park (park pinggir ferry yang ke Liberty Island), ada spiderman, Raka Excited banget sama si ini spiderman, salam2an dan foto doang, terus lemparin uang deh. Jadi ceritanya si Spiderman ini jual jasa foto bareng, bawa ember kecil buat tempat uangnya.




Saat itu waktu sudah menunjukan 4.45 dan ferry untuk ke liberty terakhir jam 4.30, beruntung masih ada satu ferry yang berkeliling ke pulau2 tersebut tapi tidak berhenti. Daripada tidak ya kami naek aja, mayan gak gitu mahal juga ongkosnya $12/org anak2 gratis. Ada tour guide-nya pula. Pertama jalan di pinggir dulu, guide nyeritain nama dan sejarah gedung2 tinggi itu. Lalu ke menghampiri Ellis Island, beranjak ke liberty Island. Wah Raka heboh liat patung liberty, secara sejak masih di Indo dia pengen liat liberty, karena pernah baca buku ttg patung ini. Dari Laut sang patung justru terlihat utuh dan tidak harus nenggak2 ke atas.



Beranjak dari liberty, ferry menuju Staten Island, di Island ini lengkap fasilitasnya, ada RS, Mall, Gym, dsb we jadi seperti kota kecil. Dari staten Island menuju ke Brooklyn Bridge. Tadi kami menginjakkan kaki di atas jembatannya sendiri, sekarang berada dibawah jembatan itu. Krena suasana sore, pemandangan jadi lebih indah dengan pantulan2 cahaya matahari yang mulai menguning. Betah deh diatas ferry, tenang, angin sepoi dan pemandangan pun lepas indah.



Jam 7 sore, kembali ke battery park, Raka maen air dulu sebentar itung2 mandi :P, jalan lagi menuju subway, dan kembali ke grand central menuju station New Haven sambil cari tempat buat sholat. Tapi ternyata kami ketinggalan kereta yang jam 8, ada lagi kereta jam 9.07. Ya sudah akhirnya Cari makan dulu, dapetnya McD doang, tapi mayan anak2 makan fish burger dan kentang. Sholat di grand central, dan ternyata kereta sudah nangkring, 10 menit kemudian berangkat deh menuju New Haven. Sekitar 40 menit sebelum tiba Ai minta minum, dan minum sudah habis, gak ada yang jualan nya di kereta teh ihiks. (Sono kareta Indonesia dengan tukang jualan yang tak kunjung habis :P). Jam 10.52 malem sampai di stasiun New Haven dan sudah ada yang jemput, Kk Sayid.

Sampe rumah Teh Juju anak2 langsung bobo, kami makan dan bobo juga...ahhh! alhamdulillah, cape yang berkesan. Hutang sama Raka lunas, untuk melihat liberty, kepenasaran saya juga terbayar sudah liat ramainya kota newyork. Hari senin pagi kami pulang kembali ke Amherst.

Satu kisah lain yang terbawa, subway-nya kurang nyaman, gelap, dan agak bau pun susah menemukan restroom, terus dari satu track ke track lain kudu naek turun tangga, seringnya tidak ada eskalator jadi terengah2 naek tangga, bawa anak dan stroller pula. Bahkan pernah ada eskalator yang tingginya sampe langit (hiperbola tea) eh ternyata gak jalan, akhirnya disusuri sampe meleleh kata si ayah sigana aya 100-an titian cenah, gempor da. Kan diantara suka harus ada sedikit luka, biar jadi gurih rasanya ya.

*Tita, Tante Yuyu, fotonya bisa digedein kok, klik we, katanya kangen :)

14 comments:

Ophi Nurwicaksono said...

Huaaaaaaaaaaaaaaaa..........liat libertihhhh...senangnyaaaaaaaaaaaa

kebayang udah liat yang indah2, kebosanan dan stress hilang...si ayah ge langsung produktif geura...maksudnya produktif nulis liii sanes Ai adian deui hihihi

Duhh meuni resep kieu macana...irahanya ka USA hihihi

Ummi Riza said...

Padahal kalo ada no. cell nya Lia , kan kita bisa janjian di Masjid Indo kalo gitu.

Jagoannya ganteng2 nich...(ngetek 1 blh gag?)hihihi...

Anonymous said...

duhhh... senengnyaaa.. saya mah cuma bisa liat di foto2 sama film ajah, blom kesampean ke USA :D. selamat menikmati summer atuh yaa...

Mama Zaza said...

wah...senengnya yg abis jalan-jalan :)

mamahAL said...

duh senengnya yang jalan jalan.siiplah.

Anonymous said...

Wah, selamat ya Rakean dan Rai, akhirnya jalan2 juga ka Nu Yok... Selama di US, Pakde dah lebih 5 kali ke Nu Yok Siti, tapi belum pernah ke musium Madame Tusseau loh :)

Dee Wibowo said...

Hi..teh Lia...Duh..nggak tahu ya..lupa gituhh kalo ada teman juga di MA. Tahu kalo mb Dewi di Boston aja dari teman2. Insya Allah kalo ke Boston lagi mampir deh. hehe. Soalnya kemarin itu kurang puas, hujan selama 2 hari disana.

Ya sayang ya...beda hari ke NYC, kalo nggak bisa ketemu ya. Wah bener tuch..gempor, jalan sana sini, anak2 udah pada protes, naik turun subway. Salam buat keluarga... DYAN

Nurul Diana said...

ngiringan atuh jalan jalan teh...
meni rame ceritanya...nuhun ya udh berbagi..

Anonymous said...

gleks... acaiku-ngelai... Wahai nu kararasep, mau deh kite diajak kesana :p

Ica Dimyati said...

hey anu jalan2 meni asyik kitu yeuh heheheh btw eta barudak difoto nanggeuy gado? hih icangkeul meureun nya hihii

Anonymous said...

alhamdulillah.. ngiring bingah plus asa dicandak jalan-jalan yeuhh ku neng lia! hihihi.. hoyong ihhh ningal libertiihh! <-- nurutan teh ophi :P
insyaAllah mugia dipaparin rijki kangge jalan2 kaditu yeuhh.. hehe amiiinnn. antosan diditu nya li! :)) *iraha atuh nya?? hihihi

Mbu said...

tiasa noong USa dina komputer maca ieu teh...meni reueus lah...ai aka...kunaon nanggeuy gado..? hi...hi...spider-nya keren bu...

Nia said...

Telat yah, Li .... teu tiasa janjian di NYC kemarin2 ... :(

Hebat Raka sama Ai anteng2 aja di ajak jalan2 ....itu yg sama spiderman meuni cuteeeee 22 nya.

Bunda said...

Asyiik euy jalan2nya...n' muakasih udah bantu nusukin sate...he...he...