*

Thursday, February 15, 2007

Seharusnya 15 Januari

Ada apa dengan 15 Januari??

15 Januari 2001 pertama kalinya bertemu dengan Pak Aleams Barra, setelah beberapa bulan hanya bertemu di email dan opon (Padahal kantor sama2 di dago :P). Dan kesan pertama saat itu, tinggi, kurus dan gondrong. Karena ketemunya 15 menitan, itu pun sambil jalan bareng menuju angkot pulang dan beliau menuju goethe, jadi kalo ketemu lagi belum tentu ingat xixixi.

15 Januari 2005 pertama kalinya menginjakan kaki di Benua Amerika. Diantara winter yang yahud, snow yang indah dan dingin yang menusuk, mhhh kenangan. Subuh-subuh terheran2 dengan bapak2 yang rajin kerok2 salju didepan dan belakang rumah, masa-masa jetlag, masa-masa adaptasi lingkungan, makanan dsb.

Rai yang dulu usia 9 bulan lebih 4 hari, masih orok, sedang belajar jalan, cuma bisa ngomong Aah (Raka), Bubu (Ibu) dan Emam (makan) sekarang sudah bisa ngomong "Ibu Ai mah hoyong ee, water make me nyeuri beuteung" *hahaha gara2 pengen pupu sesaat setelah minum*, sudah "sekolah",sudah bisa lepas dari ibu berjam-jam, sudah bisa berantem dengan Aka, wajahnya pun mengasep hihi. Sudah suka makanan ala sini, aneka pasta dan spageti jadi kegemarannya, bagel&cream cheese, gemar sarapan dengan pancake atau toast aja, nasi? kalo disuapin mau, kalo makan sendiri gak mau.

Raka, 2thn 9 bln, dulu itu nangis pengen pulang lagi ke Bandung pas dijalan darat antara bandara dan rumah disini, sekarang mah Bandung teh naon juga kagak inget kali hehe. Sudah cerewet sejak dulu bedanya dulu bersunda ria, kini bercampur2. Tapi alhamdulillah nyampurnya hanya di rumah, kalo dengan teman2nya berenglish dengan rapi. Bahasa campur itu sudah nyaman aja dipake dan dipadukan dengan lengkap sebagai sebuah kalimat "Ibu, I'm trying to ngagoler, but Ai make noisy" :D. Kalo ditanya apa basa englishnya dari yang di "sundakan" tadi dia tau, tapi kalo ditanya sebaliknya kadang bingung, jadi basa sunda dia sudah banyak yang lupa :(.

Selama 2 thn disini Alhamdulillah mereka sehat2 saja, apalagi Raka setelah dioperasinya dulu sangat-sangat jarang sakit. Batuk pilek setaun paling 2 kali itupun tidak harus ke dokter sehari kedua sembuh. Panas paling juga karena sakit perut ada germ, salah emaknya ini mah. Rai juga begitu, jaraangg banget sakit, ke dokter buat imunisasi aja. Alhamdulillah anugerah yang besar anak-anak sehat teh ya.

Begimana dengan emaknya? dulu takut ketemu orang karena takut ditanya dan tidak bisa jawab, karena tak bisa berenglish ria. English saya paraaahhh, lagu2 english juga baru ngerti dan tau tulisannya kumaha kalo sudah liat text nya, kalo tidak mah samsek kagak ngarti. Kosakata juga sangat-sangat terbatas, kesini juga tidak bawa kamus lagi, jadi hanya mengandalkan kamus online atau mengartikan sendiri dari konteks yg dibicarakan. Tapi karena punya anak dan memang suka "gaul" akhirnya saya keluar, cari kegiatan, ketemu banyak orang, ikutan kelas2 english yang tidak formal hanya ngobrol2 saja. Alhamdulillah improve-nya banyak. Sekarang sudah ikutan ketawa ngakak kalo nonton sitkom, baca novel2 dr perpust biasa aja, ngobrol sama orang lebih pede, buku2 apapun sudah bisa ngarti. Kadang sampe terheran2, kenapa saya ngerti ya hehe. Kosakata terbangun dengan sendirinya, dan semuanya "dipelajari" dengan "mudah" dan ringan. Alhamdulillah anugerah lainnya lagi

Pas bulan2 pertama disini, kemana2 naek bis, denger2 anak muda,mahasiswa khususnya, ngobrol dengan gaya mereka duh penasaran banget pengen ngerti, bukan pengen tau urusan orang tapi ingin mengerti saja (sama teu sih hehe). Kan beda banget dengan english yang dipelajari dulu, english berita, english film kadang2 juga beda. Ini mah banyak kata "like" dan "You know" terus grammernya tea kamana2 hehe, bingung. Sekarang? lebih biasa, dan sudah ngarti bahasa gaul mereka. Hikmahnya naek bus tuh. Pembelajaran yang tak berhenti.

Dua taun disini banyak hikmah, banyak maslahat dan pengalaman, Alhamdulillah dalam segala hal, kecuali, Tidak ada keluarga dan rasa kangen terhadap mereka juga suasana di kampung yang tidak terobati. Kalo makanan mungkin masih bisa diusahakan dibikin dan dimirip2kan, walopun tidak ada ya tidak apa2. Tapi keluarga?? duh tak ada gantinya euy...dan kekhawatiran "akankah ketemu lagi suatu ketika?" semoga!!!.

Yahhhh mudikkkk yuuuu!!!

9 comments:

Bundanya Tiara said...

btw, teteh teh tos 2 taun..abdi ge mei 2 taun. Prosesnya seperti teteh,sama. Timulai takut ada orang nanya da ga bisa jawab, maklum gagap english, sampe skr rada mendingan. DUlu waktu jetlag dsb, meni laleuwang asa aya dimana, skr alhamdulillah udah mulai punya temen. Gutlak...dugi kairaha didinya?? bade nebeng ningali snow...:-P

roro said...

whaaa aiii lucuuu "water make me nyeri beuteung" hihi aya2 wae budak teh :D

Li, eta kabayang jalan 15 menit menuju angkot hihii degdegan teuu heheh...

emakna said...

Ko Neng Ijul, insya alloh dugi ka lulus didieu teh duka iraha hehe, hayu atuh urang sesenowan.

Ko Ibuna Kaka, teu deg2an mah ngan panas tiris hihi, jadi teu wantun ningali sang raray :P. Matak teu apal kasep henteuna teh hahaha

Anonymous said...

halo Lia...menarik tulisannya...emang bener banget banyak kegiatan tuh sangat2 berguna....

susan(males log in )hehe

Ica Dimyati said...

ceu tuuuuuuuuuuttt tuuuut tuuuu sipa hendak turuuuuuuuut ke banduuung danke garutttttttt

abi jadi mudik euy hahahahah tgl 4 jd ayeuna nuju es be ka hahahah

sing sabar nya :P

nies said...

Lia..ntar klo dah plg dr amrik daku les pripat ya...bhs english, boleh yg gaul boleh yg pormil... ulah dicampur sunda nya, engke nyeuri beuteung alias ga tahan pingin ketawa....ha3

*sun sayang buat raka 'n ai

TomInta family said...

Lia...
Ai... Aka....sareng si Utun Inji...
daramanng??
sono yeuuuh.......
kumaha li, tos bucitreuk teuacan?? :P

Bunda said...

Pokokna teu rugi 2 th di Amrik, kan jadi punya sodara yang seperti sayah...he...he..

Irma said...

neng lia..
meuni sono euy dirikuhh.. hiks.
apa kabar si utun inji? tos katingali teu acan, utun deui atanapi inji saurna!? hihihi.. naon we nya, nu penting sehat.

ihh teu karaos nya. 2 thn. berarti udah 2 thn juga irma teh kenal sareng lia. waktu itu sering dicurhatin lia krn baru bbrp bulan di amrik.. alhamdulillah, geuningan tiasa manjang tali silaturahmi teh.. mugia salawasna nya. amiin.

hayu atuhh, enggal geura maksa si ayah mudik. meh tiasa ngenalkeun syifa & fira ka raka&ai yeuhh.. hehe