*

Tuesday, February 06, 2007

Trimester Pertama

Setelah sekian lama tak menengok2 blog. Terima Kasih yang sudah berkunjung. Sebenernya saya rajin blogwalking cuma baca2 aja tanpa komen :) insya alloh semua yang biasa mampir, yang tidak biasa mampir pun dikunjungi dan dibaca dan dinikmati blognya, bahkan kadang2 saya bingung, mana lagi ya yang belum dibaca hehe seneng membaca dan sedang tidak mau menulis. Entah bawaan orok kali *alesan pisan* :P.


Hamil Raka, Ai dan Ade sekarang teh ternyata beda-beda bawaannya dan maboknya.

Trimester Pertama Raka

* Ketahuan hamil setelah 8 minggu, saat itu diperiksa di Dokter Agustina di RS Ibu Anak Sukajadi. Antara senang dan reuwas, abis nikah juga baru 8 minggu hihi.

* Tidak ada morning sickness adanya evening sickness, maboknya hanya sepulang kantor itupun jarang, dan suka makan apa saja. Terutama dukuh, bisa 2kg sendirian satungkulan (makanya Raka sekarang buleud pisan siga dukuh hihi).

*Masuk bulan ke-3, sakiittt kepala gak ketulungan tapi bertahan untuk tidak minum obat. Duh sepertinya baru kali itu merasakan sakit kepala separah itu. Dan bertahan sampe 2 mgg. Datang dan hilang dengan sendirinya.


Trimester pertama Ai

*Diketahui hamil setelah 7 minggu, kata dr Sofie teh "eh ieu mah geus gede atuh budakna". Sebelumnya, mencoba "meng-ignore", mual disalahkan ke maag aja, karena saat itu si ayah mau ke Itali buat setaun, jadi rasanya tidak siap untuk hamil dan ngasuh Raka tanpa bapaknya. Tapi dasar rijki mah tak bisa ditolak, perut sudah mengandung janin. Si Ayah sampe hampir mau membatalkan ke Itali-nya, cuma sayang aja kesempatan tak datang sesuka hati. Jadi kehamilan dijalani sendirian eh sama Raka yang saat itu baru 15 bln saja.

*Bulan ke-2 mual parah, susah masuk makanan, hanya dipaksakan biar sehat dan kuat, karena masih menyusui Raka juga. Disiasati dengan makan nasi, sambel tomat dicoel mangga muda, atau buah2an asem lainnya, lumayan sukses. Alhamdulillah.

*Masuk bulan ke-3 menyusui distop. Sakit panas *dokter mencurigai campak*, terus yang paling parah setelah panas ini, telapak kaki dan telapak tangan gataaaalllllll tidak ketulungan sampe tidak bisa tidur sama sekali, ke dokter berkali2 dan berganti2 karena tidak ada obat yang cocok. Sering mencoba tidur tapi sebelumnya kaki dan tangan direndam air panas, gatal hilang langsung mata dipejamkan, tapi paling bertahan 5 menit setelah pengaruh panas air hilang gatal lagi uhuks...berhari2, tak bisa menangis, ada Raka yang kudu diurus juga.

Trimester Pertama Kini

*Ketahuan hamil setelah 6 minggu, antara reuwas dan senang juga. Anak2 dan bapaknya yang excited pisan.

*Alhamdulillah tidak mabok, kadang sekali sekali sih mual, tapi kayanya bukan karena hamil aja sih, karena maag juga. Soalnya saya males makan, dan yang dibayangkan makanan2an sini. Jadinya makan mac and cheese, taco, sandwich, burger2an. Mungkin karena makanan sini gak tll berbumbu jadi gak mancing mual. Tidak suka bau bawang goreng dan telor goreng, cuma gak sampe mabok2 deh kalopun membaui. Eh begini ini bulan2 awal saja, sejak bulan lalu sih sudah normal makannya, sudah makan ikan asin lagi, sempet makan gule kikil, bikin leupeut, risoles, nagasari, ah pokoknya apapun yg ada dalam pikiran pengen dimakan, dan bisa bikin ya hayu we.

* Suka makan mangga, nyari yang sale ajah, soalnya kalo gak sale teh $1.99 *tidak sopan:P*.

* Akhir bulan ke-2 menuju ke-3 lemes, males, maunya duduk, tiduran ataupun nonton tipi, baca, kalo bisa mah masak juga pake remote ajah, sayang tidak bisa jadi dipaksakan saja, kadang2 kalo yang bisa ayahnya lakukan ya beliau yang masak, beliau yang ngurus anak2, saya mah dipersilahkan tiduran, karena ternyata malem2nya gak bisa tidur nyenyak, siang juga sih cuma diusahakan beristirahat. Alhamdulillah anak2 mengerti keadaan emaknya yang hamil dan kemalasannya menjadi2 hehe. Nuhun nya guys....

* Sudah 3 kali ketemuan sama dokter. Disuruh flu shoot, saya membandel tak mau, biarkan saja badan punya imun sendiri. Tidak mau saja ada "kimia" masuk tubuh sepanjang masih bisa dihindari. Si dokter pun keukeuh sampe saya ganti dokter hihi. Dan alhamdulillah sampe sekarang sehat2 saja, semoga seterusnya.

* Sekali di USG pas umur kehamilan 8 mgg, untuk memastikan due date katanya. Dan akan di USG untuk ke-2 kalinya hari kamis ini, untuk kontrol rutin aja si orok, sekalian kalo mau tau gadis atau bujang nya:D.

* Kehamilan kali ini sering banget p*p*s, lebih sering daripada kehamilan sebelumya yang juga frekwensinya nambah dari biasa. Ternyata kata dokter, makin sering kita hamil, makin elastis perlengkapan bawah kita, kantung kencing makin membawah juga jadi karena ini yang ke-3 jadi itu hal wajar terjadi. Dan si dokter ini cerita, pas kehamilan ke-5 istrinya sampe minta diperiksa sering2 karena "sesuatu" serasa keluar dan sudah sampe lutut.

*Sekarang sudah 17 minggu, alhamdulillah terasa sangat sehat, asal jangan jalan terlalu jauh, angkat2 berat atau berdiri lama2 karena ngilu, dan perut mengencang, pun serasa sesuatu mau keluar. Jadi kalo masak besar bisa seharian, karena dicicil :). Eh si ade pun sudah kerasa pergerakannya, malah kalo ke dokter diperiksa detaknya suka pindah2 tuh, mumpung masih bisa bebas gerak kali, bentar lagi akan hareurin meureunan.

*Tos ah...

5 comments:

yanti said...

halah geuningan nu ieu mah budak amerika nya.. palayna makanan amerika kituh :D

ubikan said...

Waduh mbak, kirain hamil yang ketiga bawaannya uda agak asyik ajah, ternyata berat jugah yah ..

Sama dung prinsip kita yahh .. Gw waktu hamil Meyra gak pernah sakit sih.. Tapi gw tuh paling alergic ama obat, prinsipnya yah gak mau ngizinin zat2 kimiah masuk kedalam baby gw .. kasian. Gak papa biar gw sakit. hehehehe... emang dasarnya gw benci obat. Minum vitamin ajah terpaksa waktu hamil..

Bdw, mbak gak ngidam sate ayam abang2 atoh bakso misalnya ?? Eh itu ada bau bawangnya yah ? :D

Bunda said...

syukur Lia...sehat2 seneng bacanya...:) smoga lancar nya...jadi kabitaaaa....tuluuuung..

Yanti Wyant said...

Syukur atuh Lia ...semua sarehat :) ..hayoooo ce or co nih babyna??? maen rahasian nih yah :) and kapan due nya? reseplah...jadi tambah rame :)

kissess and hugs for Raka and Ai :)

yanis said...

Alhamdulillah...td bacanya jg antara reuwas dan senang..ha..ha.. *ikutan.com*...
Wah..kudu aya robot atuh Lia...tp mudah2an semuanya lancar dan menyenangkan..Amiin.