*

Monday, May 15, 2006

Hajat Besar

Sebulan lalu dapat imel dari ITD isinya;

"Cooking for Indonesian people"

For the closing dinner on May 11th, for 20 people.
The menu would be something like the following:

Tossed Salad with Dressing
Tandoori Chicken with Tomato Cucumber Salsa
Velvet Chicken Satays with Fresh Cilantro Chutney
IA fish dish maybe
Steamed White Rice
Assorted Vegetable Medley
Dessert

Persiapannya yang mayan heboh, belanja barang ini itu-nya.

Senen ke MSA (muslim student association) buat minjem chuffing dishes. Buat jaga2 saya minjem 10 biji diangkut ber-bus, cukup terseok-seok hehe.

Hari Selasa dianterin Vanessa belanja daging halal ke springfield serta beli sayur dan buah ke Price Rite (grocery yang mayan murah). Pergi setelah jemput anak-anak sekolah jam 1, pulang jam 6 sore, Alhamdulillah lancar dan yang dicari didapatkan semua. Malemnya mulai mem-fillet ayam buat sate dan bikin baso yang leukleuk karena kecil2 pisan buat sup (tapi masih sempet ceting hehe, biasa nyari support )

Rabu siang ditemenin Leni nyari chuffing dishes yang alumunium foil buat wadah makanan, dikira akan mudah didapat, kenyataannya kita keliling sampe ke 5 toko tidak dapat yang sesuai ukuran, mahal pula $2/biji dan saya perlu 15 biji wah. Akhirnya ambil yang mendekati ukurannya di toko sedolaran. Ke toko Asia beli bumbu dan beras, juga nyari burnos buat api-nya. Selesai jam 3 sore dan semua perlengkapan beres.

Rabu jelang malam mulai nyiapin bumbu, dan masak buat dessert duluan. Selanjutnya membumbui sate. Saya bobo-in anak2 bapaknya yang nusukin sate dapet 160 biji. Jam 11 tidur bangun jam 3 pagi mulai perang dengan dapur.

Jam 5 sore makanan siap dengan hasil sebagai berikut (terjemahan dari permintaan mereka)

1. Lalab (terung, kacang panjang dan timun) dengan sambel terasi
2. Ayam bakar (padang)
3. Sate Ayam dengan bumbu kacang
4. Lapis daging
5. Nasi
6. Cap cay (ala T'inong, nuhun nya Teh obrolanna)
7. Dessert, saya bikin Strawberry cheese cake (3 pan) dan buah potong (pepaya, semangka dan melon serta jeruk)
karena tidak ada yang berkuah saya tambahin
8. Sop Baso sosis

Saya menyiapkan sate 173 tusuk (saya nambahin 13 tusuk hehe) , daging 60 keureut, ayam 50 potong yang sagede-gede babalaho-nya Teh Ophi hehe dan lain2nya cukup untuk 50 orang mah. Total ada 23 orang yang datang, dengan tamu utama 13 orang Indonesia yang sudah 3 minggu di Amherst. Bagaimana dengan makanan, Alhamdulillah mereka makan lahap bahkan setelah selesai acara, makanan itu dibungukusin dan dibawa pulang termasuk itu orang bule pun bawa sate sama sambel terasi, sampe pas pulang ke rumah gak ada sisa hihi. Tapi dengan begitu semua cape ilang, apalagi pas kebayang nerima cek (iya kan Teh? hihi)

Gak banyak ternyata yang berhasil difoto!


Sate jadi selebritis malem itu,pun sambel kacangnya.



Tiga Orang brebes, 3 orang majalengka, 3 orang Indramayu, 3 orang cilacap dan satu leader. tapi di foto itu tukang masak juga ikutan eta mah orang garut hehe

11 comments:

Mbu said...

Wahh...ieu mah ngabibita judulna. Satena lempar atuh ka Bandung....salut, jaba bari ngalereskeun murangkalih

Mama Zaza said...

ah teteh... jadi bikin ngacay suracay nih :D

Yuyu said...

Sejak di sonoh kayanya ente makan2 pulu.. Pan katanya kesono mo nemenin suami sekola, tapi nyang keliatannye hajatan ajeh.. ck ck ck..

BundaZidan&Syifa said...

alhamdulillah, akhirnya hasil obrolan panjang kita ya Neng.. hehehe... ikut seneng... sami2 nuhun oge :D

Ria said...

wah, jagoan neon oge euy neng Lia teh...masaknya banyak beneeeer hehe. alhamdulillah laris nya neng. atuh dah bisa trima ketering tuh...atow buka resto indo skalian haha...

Ophi said...

Aduhhhh saya bacanya pas jam istirahat nih, meuni ngacai ningali eta sate dll dlsb, sementara dalam box saya ayana omelet hungkul hihihi

S-U-S-A-N said...

hebat sekaliiii sukses ya...proyek besarnya hehe...boleh terima catering dong mulai srkg? hehe

roro said...

waduh Bu... beneran jago masak, chef handal yeuh.. pesen ah eta sate bungbu kacangna :D

kumaha Raka seng Rai?

Nia said...

Lia, meuni banyak masak na, hebat pisan .... :thumb:

sayang, orang bogor ga ada yg diundang yah *saya* .... hehehe ...

TomInta family said...

Lia heibataannn *keprok saya kanggo lia* heuheu keur latihan Li..siap2 untuk buka cathering meureun nya? amiiinn

Ica Dimyati said...

hebaaat saluuuuut si teteh ih meni hebring bisa masak banyak dgn 2 anak heuheuheu ewajib merasakan ini mah yeeeuh hihi kapan yaa :d