*

Tuesday, June 07, 2005

Family Housing,Clothing Closet and Laundry

Multi Language

Di Kota kecil Amherst ini saya tinggal di Family Housing Umass,bentuknya seperti komplek perumahan di Indonesia rumah2 berjejer langsung menghadap jalan2 kecil,bedanya disini rumahnya dari kayu, jalan2 kecil itu tidak dilewati mobil jadi aman untuk anak2 maen,trus punya halaman depan dan belakang untuk semua, oya tidak berbatas pagar apapun dengan tetangga. Karena Family Housing Universitas jadi penghuninya itu berasal dari berbagai bangsa, yang banyak itu dari China,Korea,Rusia,Egypt,India,negara lain juga ada hanya tidak sebanyak dari negara2 tersebut,Indonesia? sayah sajah.

Nah karena hal itu pula,Kadang2 ketika berada diantara Egyptian yang berbahasa arab saya berasa ada di gurun:),seneng banget dengerinnya kok mereka lancar amat ngobrolnya hehe ya iya bahasa emaknya. Atau ketika berada diantara tetangga2 chinese,dikepala saya langsung tergambar episode-episode "Meteor Garden",pun dengan orang2 korea,saya jadi ingat lagi si "Winter Sonata",orang jepang nih yang belum terdengar ngobrol soalnya yang saya kenal hanya satu keluarga, padahal saya ingin kembali melacak jejak "Tokyo Love Story", oya yang jarang terdengar itu bahasa India,karena disini umumnya orang India ngobrol dengan sesamanyapun pake english padahal mau juga denger langsung,tidak hanya dari si akang shahruk:). wah banyak pengalaman deh, saya jadi merhatiin nada bicara,alunan kata pun sampe pada lafalnya,semuanya terdengar indah. Subhanalloh manusia itu pinter ya bisa menciptakan beraneka bahasa indah. Coba saya bisa memahami semua bahasa itu,pasti asik jadi bisa ikut nimbrung:).

Clothing Closet

Di komplek ini juga ada program clohting closet,arena sharing pakaian,sepatu,jaket. Setiap Rabu dan Sabtu satu ruangan khusus di Laundry dibuka untuk penghuni kompleks yang akan memberikan pakaian layak pakai atau penghuni yang membutuhkan pakaian, si Bapak petugas yang ramah akan memisahkan pakaian itu berdasarkan jenisnya,kita bisa ngambil semaunya dan semua itu gratis,bekas sih tapi masih sehat masih lebih bagus daripada yg dikirim ke Indonesia,kalo di Bandung dijual di Cimol dulu. Program yang cukup bagus saya kira,cukup bermanfaat.

Household di Laundry

Laundry juga selain tempat cuci dan clothing closet juga tempat pembuangan "sampah" yang layak guna,misalnya TV,Monitor,perlengkapan olah raga,perlengkapan dapur,buku bacaan,VCD,kaset Video,aneka toys dsb. Kalo mereka sudah nggak pake atau mau pindah dan mau buang sedangkan barang tersebut masih bisa digunakan ya disimpanlah di laundry. Tidak jarang pakaian atau barang itu masih berstempel harga dan merek (masih baru),mungkin salah ukuran dan gak bisa dikembalikan. Dan sekarang inilah musimnya pindahan,selain marak garage sale or yard sale, laundry juga selalu penuh dengan barang2. Orang2 yang perlu sesuatu bisa melirik laundry jika beruntung, bisa mendapatkannya dengan cuma2. Kami juga kadang2 hunting Toys dan buku bacaan untuk anak2. Tapi yang kami "huntingi" tapi belum dapet itu mobil karena ternyata ditunggu2 gak ada juga yang buang mobil :P

Bagaimanakah dengan tempat anda?

15 comments:

yanti said...

hehe.. jadi inget jaman kuliah dulu, dalam setahun ada 2 kali "hari pembuangan barang bekas". ditaro aja dipinggir jalan, nanti diambil ama dinas kebersihan. tapi kadang dinas kebersihan blom dateng, barang2 kita udah berkurang krn diambil ama orang2 yg membutuhkan. sebaliknya kt2 mahasiswa juga sering cari barang bekas gitu. lumayan, gratisan :D.

::YANTI:: http://jalankenangan.net

aiko's mom said...

saya sama kaya yanti mbak lia:) biasanya ditaroh di pinggir jalan terus nanti di ambil ama petugasnya... tapi ada juga...

happy wednesday yah mbak lia... salam buat rairaka:)

Rahmi Sukma said...

Alow Lia... Pa kabar? Aku baru bisa kesini lagi. Di Indonesia dah susah ya dapetin rumah tampa pagar. Ada juga dipinggiran seperti di Sentul, yang udaranya segar, pi kupikir masih jauh dari tempat aku kerja.
Klow angkatan 92 paling di milis aja seeh. Klow ketemu2an dan kumpul2 paling skali setaon.

widie said...

Wah..asyik..asyik..kalo di temaptku sini ga ada mba..dulu2 pernah ada sembarangan aja naruhnya tapi ada pengumuman baru ga boleh naruh barang seenaknya krn capek yg angkut2 itu kali ye..hehe..ya sudah akhrnya ditaruh pinggir jalan..aduh ga enak ngeliatnya kotor,ga tau tempat yang lain dibeberapa tempat seh ada ya..Btw, aku tuh naksir daerahnya Teh lia lho..cuma jadi ga ada bedanya tinggal di Amerika ya..hehe..(oiya itu kalo winter apa ga dingin banget)asyik buat maen anak2..terbuka...

Rahmi Sukma said...

Lia, aku klow ke SB eror mulu, jadi tinggalin pesan di comment neeh...
Tq ya ucapan dan doanya...

Lili said...

keren. Di sini mah yg namanya pindahan ada yg garage sale, da barangnya di jual dengan harga yg gak murah juga.

Tapi kalau yg jual bule nah bisa tuh dapet. Dulu waktu baru nikah, di Kemang ada orang bule pindah dan ada garage sale, Ummi datang dan Alhamdulillah dapat mesin cuci yg baru dipakai 3 bulan hanya dengan harga 500 ribu rupiah saja...nah itu udah rezeki Ummi..he.he..

soal multicultural, seru yah, bisa harmonis gituh...di sini ajah masih tuh gontok2an antara suku asli dan pendatang...payah deh...

aiko's mom said...

yah ampun mbak lia.. komenku ternyata kepotong yah kemaren:( sorry yah mbak.. nggak teliti banget aku ini...

kemaren aku udah komen panjang ternyata hilang hiksss... btw, aku jadi inget METEOR GARDEN, sampe aku bawa-bawa tuh VCDnya:) hehehehe... suka juga yah mbak?

btw, udah lama disana mbak? btw, menyambung komen ku yang pertama, tapi ada juga yang barangnya di obral murah-murah, biasanya dengan cara pasang iklan di koran, nanti kita tinggal telpon dan datang ke tempat mereka... lucu juga sih, tapi yah lumayan juga mbak, dulu kita suka banget nyari barang bekas yang masih bagus:)

makasih yah mbak... buat doa dan ucapannya:) nice to know you...

Zubia's Mom said...

hehehe serunya yang punya tetangga muti nasional:-D
btw, memang yang namanya orang India tuh di mana-mana kok sukanya ngobrol pake bahasa inggris ya mbak dgn sesamanya:P hehe *mentang -mentang suami Pakistan* jadi kebawa sentimen India-Pakistan nih..

S-U-S-A-N said...

hehe..ketinggalan nih.kasi komennya..pdhal kemarin2 udah kesini tp sering blogwalkingnya buru2 jd gak tinggalin komen..soal orang india, mereka sekolah dr sd udah bhs inggris sih pengantarnyaa...dan mereka itu sebag besar beda2 bhsnya kec dr daerah yg sama..

Shafiyya Ibrahim said...

hayo lia...dipelajarin aja tuh bahasa tetangga..nanti bagi2 ilmunya...

serunya ngerasa berbagai warna ya..:) karakternya juga pasti unik2..

roro said...

heu heu... menarik ya tinggal di link muti ethnic, itu yang hindi kalo ngomong deket pu'un jadi pake nari gag? he he he... joke, emang pelm apa...

__ Salam kenal lagi, roro.

yomori said...

Aciikk ya di tempatnya Aa' Rai dan Aa' Raka, Yomori jadi pengen main ke sana euyy :-)

alif said...
This comment has been removed by a blog administrator.
alif said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Yuyu said...

mau dong bu kalo ada garage sale lampu duduk yang lucu2 dan unik2. kemaren pas sama si Elba di London, cuma beli kartu tarrot, hasil garage sale juga. diriku punya suami emang suka aneh2.. hehehe.. btw, kalo diriku jadi berkunjung ke Amhers , kita bikin ngiri tetanggamu ya dengan berbahasa sunda.. salam kangen bu..