*

Tuesday, October 18, 2005

1,5 Tahun Rai




Nama Lengkap: Hanif Nala Raia Al Barra
Hanif (basa Arab); Lurus
Nala (basa sunda); Hati
Raia (dari Raya dlm Bhs Indonesia); Besar atau jika mau maksa bisa diartikan Rai Aka hihi
Al Barra; Nasab ka Bapana

Nama Panggilan:
Hanif, dikalangan teman2 muslim yang berbahasa Arab, karena lebih mudah diucapkan mereka
Rai, dikalangan teman amerika, karena mudah disebut dan diingat, bunyinya jadi Ray.
Ai, di rumah, karena sejak masa dikandungan Raka memanggilnya begitu.

Umur : 1,5 Tahun

Makanan Kesukaan:
Pretzel (snack khas america yg asin), Pizza, cherrios (yg honey nut rasanya kayak borondong), Potato Chips, Macaroni&Cheese, Bagel.

Kosa kata
Awalnya susah untuk minta dia ngomong sekarang alhamdulillah keluar banyak, sudah mulai banyak meniru obrolan orang lain, walopun hanya sepotong2. Mo (untuk Nemo, Elmo dan Sapi), bilang Ibu atau hanya Buuu. Aaah *a-nya panjang* berarti ayah, Kalau A ah *a-nya dipisah berarti Raka. Kadang mau menyebut dirinya sendiri tp sangat jarang yaitu Ay...

Kalau mau main keluar bilang "buuu nnan go" *nnan=sendal.
Kalo Raka rebut mainannya, dia akan bilang "mine".
Tiba2 dia bisa nyebut huruf sambil ditunjuk dengan benar yaitu O dan P, yg lainnya dah bisa nyebut tapi belum benar nunjuk hurufnya.
Saya dibuat heran ketika dia sedang ngacak2 pampers-nya sambil nyebutin nama2 tokoh sesame street yang gambarnya ada dipampers.
Pernah suatu pagi tiba2 dia narik2 tangan saya dan bilang "buu ee bau" sambil pegang diapernya hihi.

Poop sudah bisa bilang, kadang sebelum, kadang juga kalo sudah bau baru bilang:P.
Sifat Baik
suka share, kecuali ketika barang itu sangaaattt sedang diinginkan, Kalau makanan selalu share, Suka mengalah, ketika mainannya diambil kakanya, akan beralih cari mainan lain. Atau jika sedang duduk di kursi dan kursinya mo dipake kakaknya akan dengan rela turun dan cari kursi lain.

Sifat Butut
Suka melakukan hal2 yang dilarang hihi, jika sudah dipanggil namanya dia akan lari dan meluk menyembunyikan mukanya, gak pernah mau dipandang mata, selalu menghindar *merasa bersalah*. Tau salah tapi tetep diulang, dan kami cukup panggil namanya dia langsung sadar *sementara* haha, anak2 tea umum begitu teh nya!

Yang Lain
Suka Memasukkan benda benda ke tempat yang tidak semestinya; CDroom jadi celengan karena dimasukan coin 1 cent-an, sampe rusak. Pulpen masuk tempat tissue, buku dan mainan dibawah sofa. Hampir semua barang kecil yang ditemukannya dimasukan ke tempat yang ada celahnya.

Suka menulis aka mencoret2 disembarang tempat, dinding, buku bacaan, meja, piring, kaki, tangan, wajah padahal berkali-kali dibilangin nulis kudu dikertas dan kertasnya pun disediakan.

Suka mencapur2kan makanan, nasi dicapur air, atau apapun terus diaduk nanti dimasukan gelas *grrrgggg*

Suka menjadikan pulpen sebagai sumpit, cherrios dimakan pake pulpen.

Seneng nonton Raka maen game, dan sekarang suka minta game Finding Nemo. Sedang suka bilang "A ah...back" biar main gamenya dibalikin lagi.

Seneng maen outside

Seneng membantu didapur, selalu ingin tau dan ingin nyoba, bisa anteng dari awal bikin kue sampe kelar, ibuna we nu lieur karena jadi berantakan hehe.

Mulai bisa menjaili kakanya. Tau Raka gampang nangis dia suka pura2 pengen sesuatu ditangan Raka, dikejar2 sampe nangis, kalo Raka sudah nangis baru berhenti. *Kebalik*

Ai lebih seneng meneliti sesuatu dibanding Raka, dan jika melihat sesuatu, pandangan dia lebih menyeluruh, hingga jika mencari sesuatu lebih cepat ketemunya, beda sama Raka yang pandangannya sempit, kalau mencari sesuatu susah padahal deket dan mudah, dan biasanya Ai yang duluan menemukannya. Tapi Raka jauuuhh lebih unggul di verbal, 1,5 thn teh sudah bisa nyanyi manuk dadali. Begitulah... 2 anak, 2 jiwa yang berbeda:P .



Pssttt...Ai mah supel, dimana saja betah *kecuali dimobil duduk di carseat*, dia mudah berteman dan seneng aja bermain.

Ini foto waktu Apple Harvest Festival, sementara kami menuggu bus dia mah asyik maen sama temen barunya.

19 comments:

munir's family said...

sama banget euy sifatnya jeung anak saya yg ke2. tp Lia...lambat laun ada sifat yg berubah, kecuali sifat dasarnya...jd tunggu aja Rai umur 2 tahun nanti... ibu Lia pasti siap menganalisis...ha....

*Rai...dah latian pup di closet belum?

Ibuna Rai said...

* Teh Yanis; iya benul, nanti perlahan pasti berubah, semoga sifat buruknya bukan sifat dasar, pun yg butut lainnya ilang hihi.
Rai kadang pup di kloset kok, kalo dia bilangnya sebelum keluar. Umumnya ketika tidak sedang asyik main, pasti bilang mau pup.

eva said...

Pami ikutan bikin analisa tentang halwa pasti yang paling banyak yang bututnya itu...hehehe...anak2 mah memang kitu panginten nya..??

Salut sama analisanya, kebayang pasti ibu kita yang satu ini teh sangat perhatian, ngemong dan sobar menghadapi 2 buah hatinya.. :)

Ophi said...

Li..biasa anak nomor dua mah
ceunah aya second child syndrome
(soalnya saya nomor dua hihi)

Anonymous said...

hihihi meuni lucu, sanes Raka nu jahil tapi adina

intan

roro said...

heheh... awas itu nyembunyiin kunci :P

temen saya, konci sarawu, cellphone, jeung alat2 kerja lain nu kecil2 kitu menghilang disembunyikan ku anaknya di tungku pemanas hahahah... untung teu kabakar ge :d

*1.5 tapi jiga geus gede yah :)

isya & ayya said...

tanteee...Assalamualaikum...mama udah ngapdet nih tante...apa kabar Rai Raka? hepi 1,5 tahun yaaa ;-)

S-U-S-A-N said...

happy 1.5 birthday...
kurang satu: cakep...kayak ibunya...

Riz said...

hai...Lia...maaf baru mampir .
happy 1.5 tahun dech buat jagoannya.

gimana puasanya?..masih rindu suasana rumahkah hehehehe...sok atuh ke NY main.

Deasy Roberts. said...

Daramang sadayana?

Sifat anak mah samaan yah....

iya badan nya keliatan bongsor.

Ria said...

hihi, lucu ya...malah Rai yg bikan Aka nangis. Youssof jg ky Rai, makin dilarang ky makin disuruh...jail bgt. kdg2 sengaja emang utk liat respon qta *sigh*

widie said...

Wuah..ada edisinya Rai yah..duh..suka di dapur masak memasak kaya Akbar neh..kayaknya lebih jago menggoreng deh hihi..salahnya kita ya..sering ada di dapur..( lha khan kudu masak..)

Ya..soal Rai supel, itu sudah kami buktikan..( nah lho..) dulu waktu ketemuan khan..pertama kali Rai ngga takut sm kami, malah dia ngajakin Akbar maen terus sayang si bebih akbar tetep menangis..hiks..kasian yah..herannya si Rai tetep tuh..mau ngesun sayang buat dd akbarnya hihi...lucu ngeliatnya ya..

yok tos dulu Ai..sm Akbar..ngga beda jauh khan umurna...

Rahmi Sukma said...

Ai dah 1,5 taon ya? Udah pantes banget punya Adek tuh.... Hi...hi... Minta Ibu Lia adik cewek kayak Adek Haura ya.... *biar ibu ada saingannya* Ibu harus banyak makan sayur dan ikan serta kurangi daging. Kalo cowok lagi juga ga papa, nanti mantu ceweknya kan banyak juga. He...he...
Kak Raka abis operasi gimana Ibu Lia?

Shendy said...

wah detil banget nih milestonenya he..he..
mirip2 kelakuannya Ai ama Rai..jadi senyum2 ndiri bacanya :D

BundaZidan&Syifa said...

hi Ray, how r you today? hehehhehee...
lucu ih, meuni gembil2 sapertos abang zidan..

Irma said...

euleuhhhh sugan teh ulang tahunn cep Raiiii!!
eta meuni lucu foto nu nuju duaan sareng nu geulis.. hiihihi kencan ni yeeee :P

Nia said...

Aih ... Rai sama siapa tuh duduk nya ... hehehe ...

Li, meuni lucu nya sifat2 nya Rai ...itu soal carseat samaan, disini Ashlee palin susah jg kalo mau di dudukin

Ayoooo, Rai, main sama Ashlee yuuuuuuuk ... :)

Titie said...

wawww...sekali mampir langsung disuguhin musik sunda, hmmmm..jadi rindu pulang :)
Namanya Hanif bagus banget,eh..tingkahnya lucu pulak ingat-ingat ulahnya Sten :D

Titie said...

wawww...sekali mampir langsung disuguhin musik sunda, hmmmm..jadi rindu pulang :)
Namanya Hanif bagus banget,eh..tingkahnya lucu pulak ingat-ingat ulahnya Sten :D