Monday, November 21, 2005

Aktifitas Seminggu

*Moto* Manfaatkan hari, lupakan keinginan mudik :P

SENIN

Pagi-pagi, Raka sekolah dianterin Ayah, sementara Ibu dan Rai dirumah, beberes atau kadang ke grocery atau ke Toko Asia.
Jam 11.30 Ibu dan Rai jemput Raka dari sekolah, langsung ke Library mengembalikan buku dan kaset video, sekaligus meminjam yang baru.

Siang makan dan istirahat di rumah, Rai tidur, Raka maen games atau baca.

Sehabis mahgrib yang jam 4.30 sore, Ibu, Rai dan Raka ke acara Diner On Us. Dinnernya selalu dengan menu yang sama, Pizza, salad buah dan sayur. Seneng karena makannya bareng2. Setelah dinner, anak-anak mulai main dengan teman2nya ditemenin para volunteer, sementara parents bikin roundtable di ruangan lainnya dengan satu speaker yang setiap minggunya berbeda, dengan membahas topic yang berbeda pula. Minggu ini topicnya "Conflict Resolution Strategies". Perut kenyang, relaks, disuguhi informasi tentang permasalahan anak dan family dipandu ahlinya pula dan gratis lagi.

Ada kejadian tak biasa di dinner on us minggu ini. Apakah itu? Raka nangis berat sampe susah untuk ngomong saking parahnya itu nangis. Dan karena sudah tak bisa ditangani Ibuna pun dipanggil. Apa yang terjadi sodara? rupanya tadi Rai dipangku seseorang *volunteer yang Raka belum kenal*, nah Raka langsung nangis dan narik2 tangan Rai, tapi nggak ngomong. Jadi yang gendong Rai tidak mengerti kenapa, dia tetep gendong. Raka nangis makin parah gak berenti2. Pas saya datang dia masih belum bisa ngomong, tapi minta Rainya digendong sama Ibu jadi Ibuna teh gendong mereka ber2. Baru reda dan terlihat tenang dan baru bisa ngomong. *Ai is mine, Ai is my brother* dan dia mulai bisa menjelaskan masalahnya, hihi orang sudah pada kaget dan khawatir dengan tangisnya dan heran akhirnya dengan sikap protektif Raka itu. *Mereka gak tau sih kalo anak sayah tea atuh sensitif siga ibuna*

Saya ngobrol panjang lebar untuk menenangkan Raka ketika itu, pake basa sunda. Lalu ada seseorang bertanya "What language do you speak?not Indonesian right?" *Yes, not Indonesian but I speak sundanese bla...bla...*. Dari sana Raka baru ngeh dengan istilah sundanese. Dan besok2nya dia ngomong

Raka : Ibu Aka mah nggak mau sundanese, Aka mah mau American
Ibu : Kenapa?
Raka: Aka gak mau pulang ke Bandung, Aka mau disini saja.
Ibu : Ka...American mah kulitnya putiihhh, ada juga yang hitaaamm sih. Sedangkan kulit Aka kan coklat.
Raka: *diam dan mikir sambil liat2 kulitnya* mhhh oke deh Aka mah sundanese sama kayak ayah, ibu dan Ai. Dan nanti Aka ke Bandung pake aeroplane ok!
Horeee....hihi ada-ada saja...kenapa sundanese tak Indonesian? nanti ajah pelan2 diterangkannya okeh!.


SELASA

Setiap selasa Pagi adalah acara Round The World Woman (RWW). Karena Raka nggak sekolah setiap selasa dan kamis, jadi dia ikut ke acara ini bareng Ibu dan Rai. Minggu ini temanya Thanksgiving in Amerika. Jadi para volunteer bawa makanan khas Thanksgiving, dan kami para peserta menikmatinya. Yang sangat khas adalah Turkey panggang, makanan berbahan jagung dan pumpkin serta cranberry sauce.

"Nih dia makanan yang tersaji"


Kalo yang dibawah ini. Foto ketika RWW minggu sebelumnya,
temanya itu "Coffee with Drivers". Drivers saya itu namanya Diane, nah hari selasa itu yang drivernya Diane kumpul di rumah Gerry, volunteer lain. Kami berbincang tentang acara khas minum coffee atau tea di negara masing-masing. Sementara kami ngobrol anak-anak itu diajak maen sama Grandma, mertuanya Gerry. Terlihat di foto mereka sedang joged tuh. Raka terkesan banget. Selalu menyebutnya *Grandma is my Friend*



Setiap selasa sore setelah jam 3.15 Raka dan Rai punya kakak perempuan. Namanya Malak, karena ibunya ada kelas sampe jam 7 malam jadi Malak sementara tinggal di rumah kami.

RABU.
Raka sekolah dianter ayah. Ibu dan Rai ke International Community Program. Rai ketemu temen2nya, ibu juga, acara ngerumpi antar benua diselingi nyicip hidangan yang saat itu sedang bertema egypt. Ada Macarona basamilk (bener gak ya nulisnya) seperti macaroni schotel, rice pudding, kalo dikita seperti bubur ketan tapi ini berasal dari rice. Dan teman2nya.

Rabu sore adalah playground time...sementara anak2 maen, ibunya duduk melamun walopun dari rumah niat baca buku sudah dibawa2 sampe playground tetep we melamun sambil mengawasi deng.

KAMIS

Amherst Family Center. Main...main dan main. Diakhiri
dengan circle time dan lunch. Kadang2 Raka susah kalo diajak pergi ke Family Center ini, tapi suka agak dipaksa, habis dirumah maunya maen games terus atau nonton. Sesampainya disana betah bahkan kadang2 gak mau pulang *five more minutes pleasseeee* dan ngomong begitunya 5 kali hehe. Tapi jam 1 Fam.Center ini tutup kok, jadi mau tak mau kudu pulang.

Itu suasana Fam.Center ketika Circle Time



JUMAT

Raka sekolah, Ibu dan Rai ke Family Center lagi. Setiap hari jumat ini ada program khusus. Semacam parenting class. Anak2 diruangan sebelah dengan teachers dan ibu2 diruangan lain dengan speakers. Temanya macem2.Pokoknya berbagi info tentang pendidikan dan pengasuhan anak, juga sharing berbagai permasalahan anak dan solusinya. Kalo hari jum'at minggu ini, anak-anak dan ibunya bikin playdough (malam kali ya kalo di indo mah) bareng. Playdoughnya boleh dibawa pulang horeee dan langsung tuh dipake maen. Kebetulan Raka juga baru pulang sekolah. Ternyata bikinnya tidak susah dan bahannya juga sangat mudah, rekomended banget deh untuk bikin sendiri daripada beli mahal tapi ya kalo ingin praktis sih mending beli hehe. Mau resepnya???


Jumat sore, Raka jadi Farmer











*saya dulu ya ducks ya, kan laper juga...nah sekarang giliran kalian tangkaap...*

SABTU

Saturday program di Kampus Umass











Ada story, dancing, music, juggling dan magic show disesuaikan untuk anak usia 2-6 thn saja

*that was fun* kata Rakean sambil ngakak.


Aktifitas ditutup dengan zzzzzzzzzz...ala Raka yang tanpa snooring lagi alhamdulillah. Nyenyak dan nyaman.



Raka mau menemani snoopy-nya Bu gulu Ophi ahh...

Eh sebelum lenyap, mau dong sang Ibu nampang :P

Bukan deng, ini hadiah Ultah untuk Novi, sahabat terkasih yang ada diujung pulau belitung sanahhh, yang dengan malu2 mengakui kalo beliau mengangeni daku hihi. Selamat Ultah ya sayang...banyak do'a untukmu. Insya Alloh.

Itu foto diambil jam 7 pagi saat saya mau nyuci ke sungai hehe. Rumput yang memutih itu adalah embun yang membeku. Pagi disini suhu sudah dibawah nol celcius. Tapi sayah tetep cinta daster, apa hubungannya ayoo ....???

20 comments:

Anonymous said...

bi lia,

aku disekolah juga diajarin cara bikin playdough, jadi tiap kali mau main playdough ya kudu bikin dulu soalnya bunda juga gak pernah beliin sih, mahal kata bunda, hiks!

bi lia jadi kaya mamanya laura, nyuci di sungai huehehehhe

tos ah ama raka & rai:-)

Anonymous said...

dikira teh mau number one, ai kitu teh aya yuni, hihii...

sayah ngoment poto sajah ahh..
eta anu bade nyuci make daster heuheuehu... I lop daster too apalagi daster pantey kitu... *toss ahh..

atu lagi, raka lagi tidur aya gambar jempol saha, hihii...

Eva Priyani said...

Ngiriiiii....raoseun kitu seueur kegiatannya ya.. janten ayeunamah udah lupa sama mudik? :D

Disini mah sepi tiap hari bengong sendiri hiks.....

Ophi Nurwicaksono said...

Liaaaa sugan teh Malak lalaki, fotonya mana, jadi pengen ningal..

Itu Raka rambutnya lucu pisan, siga adi bing slamet..

kamari naha asa teu lancar wae YM and Skype teh nya...hihii..sambungan keur butut sigana..

nuhun ah tos babagi foto2nya seueur..meuni banyak kegiatan ramee..

Akira's Blog said...

Weleh... kegiatannya ruame bener Li. Asyik, asyik lagih. Hihihi, yg bagian Raka nangis lucu, geli, gemez juga!! :D

Aku mau resepnya playdough Li. Ada sih, yg dah jadi, tinggal beli. Cuman penasaran gituw.

Pagi dingin gituw pake daster? ***geleng-geleng kepala***

Anonymous said...

ihhh banyak yg pgn saya komenin. hehe tapi bisi pinuh teuing. bae ah..
ka-1, eta raka meuni lucu, nangis padah rai dipangku org lain.. hehehe meuni sensitip si kasep teh 'nya?
ka-2, si grandma meuni gaya, masih resep jojing sagala atuh? hihi
ka-3, bikin dough sendiri? hebat euy. cik bagi resepna! <-- haha gayaa, masak di dapur ge tara, gimana mo bikin dough!? hihi
ka-4, liaaa beneerrr! eta meuni jiga nu rek mencuci di sungai euy! hehe..
ka-5, tos ahh tamaat! bisi diambek kunu gaduh bumi. :P

Anonymous said...

meni resep Teh maca-na, nuhun nya :)

Anonymous said...

asyik ya banyak kegiatan ternyata di sana....palagi anak2, jd gak bosen ya, pantes lupa ama mudik..he...

Lia...itu eneran mo ke sungai...dasternya itu lho...gak ku-ku...ha....

Anonymous said...

hihi, bodor baca komen Ophi yg ngirain Malak lalaki. itu org Mesir bkn, Li? Malak itu artinya angel...dr malekah atow malaikat di qta teh. dikau mah blum kesini jg dah nyobain makanan2 khas Mesir gtu...aya Macarona Bel Bechamel (Bechamel itu krim yg putih tea) 'n Roz Bel Laban (rice pudding) sgala hihihi. ntar2 minta bikinin Mahsyi gera' Li, itu khas sini jg. seneng ya kamu teh jauh dr 'rumah' tp byk temen kitu...dr berbagain bangsa lg...alhamdulillah pisan nya.

Anonymous said...

meuni seru pisan kegiatannya..
hihihi untung juga Raka ga keukeuh pengen tetep di Amrik..

intan

Anonymous said...

masha Allah aktivitasnya asyik2 sekali..

alhamdulillah turut senengg...pantesan raka gak mau balik...:D

aduh lia..itu kunaon nyuci di sungai?Serius itu..:))

-ari-

Aiko's Mom said...

Raka manikan cute pisan teh Lia.. innocent gitu yah pose bobonya:) pengen nyium jadinya, hehehehee... *dikit ajah yah* maksa...

Eta teh beneran pake nyuci di sungai? hahhhhhh? rajin pisan euy si mama...

Teh Lia.. makasih pisan ya doa dan ucapannya:) *BIG HUG*... terharu punya temen yang baik dan perhatian begindang... muahhhhhhhhhh:)

Rahmi Sukma said...

Li, padet banged acarana. Tapi emang bagus gitulah. Mengisi waktu dengan hal yang berguna.

Owiya, Lia teh yang pake kostum item kerudung item waktu hallowen teh? Ga kliatan seeh.... Kalo poto yang nyuci ke sukai pake daster mah jelas pisan..... he....he....

Ari si Raka ngomongnya lucu pisan.... Polos anak-anak itu ya....
Alhamdulillah Raka sehat setelah operasinya. Semoga sehat-sehat selalu.

Eva Priyani said...

Muhun teh Lia Insya Allah minggon payun bade mudik heula ka lembur. bade ngiring....? :)

Punten ah bade di serat na SB teh teu tiasa wae ningan, kunaon nya?

Lili said...

Lengkap deh Diary minggu ini, senang banget bacanya. full of makan2 yah, soalnya thanks giving di sana.
tapi kalau ngumpul2 bareng tetangga makanannya halal apa enggak yah teh Lia?

Daster itu favourite ibu2 seantero indonesia tak terkecuali ibu2 indonesia yg diluar negeri..he.eh.

selamat mencuci diudara dingin, kayak Oshin ajah nyuci di sungai bersalju...inget gak pilem Oshin?

Anonymous said...

wah seru ya kegiatan seminggueun. sekarang udah mau wiken lagi :D. have a nice weekend ya...

Anonymous said...

@Dinda-dimas, emang nih kangen laura jadi aja nyuci disungai hihi

@T'Roro, eta jempol nu moto *jadi malu* hihi

@Eva, sebenernya walopun sibuk gak lupa sih sama mudik, tapi gak sangat kitu tah.

@T'Oph, foto malak?iya nanti nyusul, geulis siahhhh. Emang gaya rambut Raka gaya 70-an tuh.

@Retma, Resep playdoughna nyusul ya say..

@Irma, teu nanaon atuh komen banyak sok resep:)

@Wida, nuhun atuh ah ari kaanggo mah:)

@T'Yanis, bun mana bisa daku nyuci di sungai disini mah, eta mau ka laundry yg memang gedungnya misah sama rumah.

@T'Ria, iyah nih alhamdulillah seneng banyak temen berbagai negara,jadi bisa sharing info dan makanan. Iya ah nanti request lagi makanan mesirnya enak2 tyt ya.

@T'Intan, Alhamdulillah banyak kegiatan salah satu yang bikin betah, sampe2 Raka pun gak mau pulkam.

@T'Ari, iya nih disini mah banyak kegiatan bagus yang gratisan. Kesini yuu!!

@Mama Aiko, nggak beneran ke sungai ituh hehe mo ke laundry. Sama2 ya, saya juga seneng punya dikau. MMuuuaahhh deui.

@Uni Rahmi, mayan lah acaranya berguna banget, makanya semangat juga ngikutin.

@Eva, moal ngiring ah mudik teh Va...kintun tuangeunna we!!

@Deas, iyah neng menghappykan diri saja toh rek sedih juga tetep we begini, jadi mending hepi nya. Eta kebayang pisan ngurus budak sendirian 3 pula, sabar nya nyi *tos ahh*

@Ummi Lili, kalo makan diluar begitu memang nilai kehalalan dagingnya diragukan so...saya biasanya memilih yg tanpa daging, biasanya ada salad dan kue2.

@T'Yanti, iyah saminggu teh sibuk aja, tapi minggu ini libur semua karena thanksgiving. Met wiken juga ya!!

Momy De' Vieto said...

T'Lia Bener eta teh pake daster mau nyuci disungai ???euleuh ...euleuh .... siga di Pameungpeuk wae nya meni waas.

House of Covenant said...

waduuh kang Raka udah pinter jaga adek Rai yah gag boleh ada yang megangin :)

ceritanya lengkap banget nih tante..rame lagi..

Nia said...

Eleuh ... meuni seru aktifitas seminggu nya, itu foto Raka yg sama burung2 meuni lucu pisan, Raka nya mamam duluan hihihi ...

Lia, wah ada sungai bt cuci disana, asyik benar hihihi .... :P