*

Thursday, August 11, 2005

Yang Tercecer

Di North Village Haousing, kompleks perumahan kami, setiap hari rabu siang diadakan acara International Community Program (ICP) . Karena perumahan ini punya Umass jadi resident-nya internasional dan acara ICP ini di adakan untuk sarana jalin komunikasi Residents khususnya ibu-ibu dan anak-anak. Acaranya ngobrol dan makan2 kadang ada workshop dengan berbagai tema.

Ini Foto Rabu kemarin, hanya sedikit orang biasanya cukup banyak, mungkin masih menikmati liburan summer.



Ki-ka; Nancy {Egypt}, Gina {USA}, Julia {Korea}, Yin {China}, Joan {China}.

Komunitas ini jadi sarana belajar bahasa amerika, tuker info budaya negara masing2 dan tentu saja menikmati makanan banyak yang disediakan penyelenggara (Family Housing Umass).

Ada beberapa info tercecer dari mereka

Joan cerita jaman sekolah di kotanya dulu (sebuah kota kecil di China), ada keluarga Amerika berkunjung selama seminggu. Karena waktu itu orang asing masih sangat jarang dilihat, maka si keluarga amerika ini jadi bintang, nah suatu ketika mereka sekeluarga berkunjung ke rumah seorang petani kentang disana. Kebetulan di ruang tamu rumah petani itu sedang banyak kentang yang sudah dipilih untuk bibit.

Petani : Disini banyak kentang silahkan dibawa saja semua

Amerikan: O Ya terima kasih.

Dibawalah semua kentang itu pake beberapa kantong dan beberapa orang. Tinggal si petani bengong.

Petani : lha saya kan basa-basi, itu mah buat bibit gimana doong tuluuuunggg.

Dari seorang teman Jepang (tidak ke foto), dia cerita tentang temannya, gadis jepang (GP) yang kencan dengan Pemuda Amerika (PA)

PA : Do you want something to drink?

GP : Oh no

PA : Do you want something to eat?

GP :Oh no

PA : O..okay

Mesanlah itu si PA makanan untuk dirinya sendiri, dan dengan nikmatnya makan sampai tuntas..tas..tas...dan sang gadis bengong dalam diam.

Rupanya GP ini kudu dirayu, misalnya

PA : Do you want something to drink?

GP: Oh no

PA : Are you sure?

GP : Yes...

PA : Really???

GP : Mmmhhh...I think I want.....

Tah katanya kebudayaan di jepun sana begitu itu, {iya nggak sih ibu yang di jepun?}, jadinya si GP pulang kencan dengan keroncongan.

Terus ada lagi yang pernah pergi ke Singapura, setiap ketemu orang dia selalu ditanya "apakah kamu sudah makan" bahkan waktu dia masuk salon buat potong rambut aja ditanya begitu. Dan tentang ini diiyakan oleh Chinese yang di negaranya juga dikenal basa-basi seperti ini. Konon katanya berawal dari masa kekurangan jaman dulu. Setiap orang ketemu dengan temannya selalu bertanya demikian, karena kalo belum mereka bisa berbagi. Sekarang meluas makna jadi basa-basi saja.

Yo...ada yang pernah punya pengalaman menarik tentang beda budaya ini?

22 comments:

munir's family said...

boleh ikutan cerita ya...klo di Korea biasanya pas kita kenalan ditanya umurnya, maklum umur mempengaruhi hub. pertemanan...jd rata2 di sini temenannya ama yg seumuran..gicu...

lily said...

wah, aya aya wae nih hihihi..lucu deh. benernya pengen juga cerita yang lutu2 dari india, tapi malu ah sama punya india . mama lia wiken mau kemana? ikutan dooongg, sepi nih cuma bedua opal..

ima said...

...hahahaha...lucu2 banget seh!!!! Ada2 aja yaa..!!!Beda bangsa, beda kultur dan kebiasaan.., jadinya sering menimbulkan kesalahpahaman....heheheh...tapi jadi lucu seh !!!
Di Suisse ini, kalo ketemu orang tuh setelah mengucapkan salam "bonjour" truss kan cium pipi (sama deh kayak di Indonesia juga), taapiiiii...kalo di Suisee ini, cium pipinya 3 kali..jadi cium pipi kanan, cium pipi kiri, trusss balik lagi cium pipi yang kanan lagi...heheheh...Gitu deh, jadinya kadang cape juga karena sama tiap orang kita harus begitu!!!!

S-U-S-A-N said...

haha..lucu..eh itu yg yulia itu aku pernah ketemu..baru dateng banget kan?...aku geli banget pas baru2 kenal dia nanyain orang amrik how old ar you, sampe orang amriknya nanya: who? me? kan ngga sopan tuh buat orang amrik nanya2 umur..tahunya..baca komen pertama diatas..ternyata emang kebiasaan ya?

roro said...

hahah.. itu si gadis jepun kasian... bodor deh ya... soal makan jangan malu2 deh habek weee hihiih...

Ossy said...

HWakakakaka.... luthu juga yah beda budaya. Kl di Jeoun utk gadis2nya emang keknya spt itu yah Lia... soalnya bisa dibilang budaya orang jpg tuh sama persisi ama orang jawa jaman dulu... yg malu2, basa basi.... padahal sebenernya mau...kekeke. Aku orang jawa jadinya pas ke Jepun lgs bisa menilai... hihihi. Tp yah kek kita aja... gak selalu gitu kadang ditawarin apa ajah lgs mau... gak mau rugi soalnya. Kl utk gadis2 kan yah rada2 sok imut gituuu.... gadis jepun kan gitu Lia....

Ophi said...

hihihihi..kasian deh lu...si jepang tapi bodor lagi mah Lia meuni ngomongna siga rapper..

Yo..ada yang pernah punya pengalaman...
Yo yo yo..hihi

kalo saya disini mah selalu GR, di ajakan makan eskrim wae..taunya bayar sendiri..
soalnya nawarin nya pasti gini :
Ini ada es krim, mau?
mauuuuuuuuuuuuuuuuu
sampe di sana kudu bayar!

ninit said...

teh asik banget yah ada program ICP... keren! manfaat banget! pengen niru, sayang orang-orang udah mulai pada mudik.

hmmm so far kalo ninit sih blm ada cerita ttg beda budaya... paling kalo sun pipi disini tiga kali cipika cipiki cipika :)

Nia said...

Hihihi .... kocak benar cerita2 na ... kasihan si Gadis Jepang nya, sampe keroncongan gitu ... :D

Anonymous said...

Huahahaha....lucu banget cerita yang orang jepang,bener kata teh irma beda bangsa beda kultur dan kebiasaan(pinjam istilahnya ya teh:)

Rahmi Sukma said...

Hi...hi... Menurutku Gadis Jepun bener begitu dech keknya. Aku gag pernah tinggal di Jepun, pi sering nonton film Jepun. Orang Jepun keknya bilang iya dan enggak untuk basa-basi itu tipis dech.

yuni said...

gak beda dong ya sm org indonesia (tengsin mo ngaku nih) kalo msh pe-de-ka-te, jaim abis, pdhl mah lapar berat tp teteub aja blg enggak...

Bidadari MungiL said...

Iya lah Buna...disini juga ga boleh basa basi. Pernah mau diundang makan malam sama temen yg suaminya londo, aku bilang "ya nanti ya Insya Allah." Dia bilang "kalo bersedia bilang iya dong." Karena disini kan semuanya harus serba pake bikin janji. Termasuk kalo mau bertamu juga musti telp. dulu...

safarindiyah said...

iya mbak keknya emang..orang jipun basa basinya gitu. jd misal ada urusan bisnis, lobi2 gitu..ati2 aja..kita jangan ke ge-er an duluan..krn bisa jadi dia bilang haik..haik (iya..iya..)eh..ternyata maksudnya kagak jadi. ^o^

Anonymous said...

seru ya pengalamanya li? :)

meni isin baru sempet mampir lagi, kemarin teh uih deui ka indo, pun raka na suami nikah, janten nembe uih, nembe tiasa maen ka bumina lia.
Barakallah pernikahanana nya:)

--umm nida---

lily said...

lia, aku gak bisa ninggalin msg di shoutbox, kenapa ya? soal banjir alhamdulillah udah surut, tinggal penyakit nih yang banyak. sebangsa malaria dan dengue hiiii ngeri ah. kalo burung mah, bukannya sepanjang taun lagi, sepanjang hari!! gimana gak bete.
owiya, titip sunsay buat raka dan rai ya...

Deasy Roberts. said...

Yo..yo..yo...meuni nge rep kitu atuh Li..hehe..

Eta si jepun...isin2 teuing atuh...mun saya mah,geus di habek weh(dr pada keroncongan).

(PA/Lee):Would you like something to e...(ngomong eat nya jg belom selesai).
(GS/gadis sunda/abdi):Sumuhun...Yessss plsssssszzzz...I'd like 2 mangkok of bakso,diamonds(eh salah yah..),cireng,mie kocok sing lada,etc..*ini baru yg namanya ngerakeun*hihiyy....

DYAN said...

Wah senang ya Lia, di komplek perumahannya ada acara seperti itu. Aku pengen banget deh..tapi sayangnya disini nggak ada. Sampai aku bela2in ikutan kursus bahasa inggris disini biar punya teman International...senang kan bisa bertuker budaya....hehehe. Udah baca kan postingku yang 'berakhir sudah'

Anonymous said...

Hihihihi..
ketawa-tawa nih baca postingannya.. Ada-ada aja sih.
EH kalo di India misalnya kita abis diundang makan.. kita gak boleh ngucapin Makasih loh. aku kan udah kebiasaan yah ngucapin terima kasih sama maaf..
Abis diundang makan selalu kan ngucapin terima kasih gitu.. eh aku malah diomelin suami... ihihihih..

-Lisa-
http://aprilisa.blogspot.com

yanti said...

aku masih kebiasaan untuk gak banyak buka suara di kelas (maksudnya nanya dan menyanggah pak/bu dosen). tapi pas kuliah di negara tempat Neng Ophi skrg, dianggep aneh ama yg lain. krn dgn diam begitu, mereka gak ngeh aku ngerti atau nggak :)

wawa said...

Gue suka banget postingan ini li, jadi tau style "diluar" gimana.. Sering2 posting gini yaw :)

Anonymous said...

iya..beda negara beda budaya dan kebiasaan....

yang paling seru mungkin pasutri yang beda negara kali ya...harus dikomporin buat cerita yang lucu2 gini nih...;) :D

kaya yanti bilang di sini malah orang tuh kudu kenceng suaranya alias vokal..kalo diem kaya ilmu padi malah gak dianggep. buat mereka mendigan cempreng gak ada isinya...daripada gak bersuara...suka kesel jadinya ama orang jerman yang doyan ngomong tapi cuman bla bla tanpa isi...:((

-ari-