*

Tuesday, July 05, 2005

HUT-nya Amrik Gaya Amherst

Tanggal 4 juli kemarin kan ultahnya negara yang saya tumpangi ini,nah dalam rangka merayakannya,kota Amherst tiap taun bikin acara yang sajian utamanya Fireworks. Kemarin itu kami sekeluarga pergi nonton. Acara Fireworksnya sendiri sih jam 9.30pm hanya acara2 lainnya seperti concert,lomba2 dsb lebih siang. Karena mau lihat acara lainnya, sedangkan bis adanya jam 9-an, jadilah kami jalan kaki sekitar sejam menuju lokasi, untungnya anak2 mau duduk tenang distroller. Lumayan gempor sih dorong2 stroller, dorong Raka apalagi malah dia sampe nyeletuk waktu ibunya terengah-engah "Si Rakean mah berat sih", sadar diri rupanya. Seringnya sih bapaknya yang dorong tapi kadang2 gantian juga, habis stroller Raka lebih enak didorongnya,ibu nih tetep we nyari untung hehe.

Sampe sana sudah cukup banyak orang gelar2 alas duduk, cari posisi nyaman, tenda2 permainan sudah penuh anak2. Mirip suasana 17an di kita, ada lomba balap karung juga ternyata, cuma nggak ada lomba makan kerupuk hehe maunya sayah itu mah. Raka ikutan balap karung,bahasa amerikanya Old Fashioned Field Games,tapi dia gak maju2,disuruh maju malah bilang kalau karungnya berat hihi rupanya itu karung dicoba diangkat bukan melompat,ya pasti berat atuh kan isi dirinya sendiri. Terus ikutan Candy Hay Hunt,bukannya nyari permen malah seneng aja bikin si jeraminya acak-acakan,habislah itu permen sama anak2 lain tapi dapat satu deng lumayan itupun ibunya yang nunjuk2. Ikutan lempar bola ke lobang,mancing2,dan nyedok2 bebek2an di air, semuanya dikasih hadiah, hadiahnya milih sendiri ada gantungan kunci, buku coloring, karet2 dsb, lumayan bikin anak2 seneng. Raka aja yang ikutan semua permainan Ai mah duduk saja nonton dan ngemil.

Makin malem orang makin banyak yang datang,yang jualan makanan juga banyak dan kenapa dimana2 kalo keramaian harga makanan jadi berlipat2 ya,padahal kan pengen semua,kanan kiri pada makan ya ngiri dong!

Sembari menunggu acara utama penonton disuguhi alunan musik dari Amherst Community Band,diawali dengan lagu kebangsaan Amerika selanjutnya lagu2 manis yang enak didengar dan nyaman,anak2 saya suka malah kadang ikut menggerakan tangan mengikuti konduktor.

Acara utama dimulai jam 9.30 PM,awalnya anak2 takut mendengar suara beledag beledugnya kembang api,Ai mah sempet nangis tapi lama2 enjoy nonton dipelukan ibunya,Raka yang berkelanjutan, ngajak2 pulang,tapi sambil ngintip-ngintip dan berkomentar "cool dud" atau "itu mirip air mancur" "wah warnanya green" ... jadi ketakutan yang tidak serius ternyata ya.

Sampai beres acara anak2 tidak tidur,baru setelah naek bis pulang tumbeng semua. Alhamdulillah dapat pengalaman baru nonton kembang api asli buatan sini,bagus sekali.

Lagi...lagi...foto menyusul belum upload tangannya masih pegel dorong stroller *alesan ala lia*

5 comments:

Heni said...

Duh, seru ya nonton kembang apinya..., kita disini gak bisa ikutan, wong Fasha udah bobok jam 9. 30 malem dan acaranya mulei jam 10 malem, ya paling denger aja bom-boomnya di depan rumah :P.

Apa nggak rame banget mbak, kalo disini tuh udah dari 2 hari sebelumnya orang nggelar blanket di taman, supaya dapet tempat yang oke :)

Soal susu, menurut yang aku baca, infant sampai 12 bulan, tidak boleh minum susu cair,karena ada kandungan didalamnya yang tidak dapat dicerna bayi. Sehingga disarankan bila tidak dapat breast feeding dapat diberikan susu formula. Susu formula itu dibuat semirip mungkin dengan ASI, bukan berarti serupa ASI.

Anak 12 tahun keatas sudah boleh minum susu cair, dan diharapkan anak mulai usia tersebut tidak lagi menggunakan susu sebagai sumber energinya, melainkan melalui makanan padat seperti nasi, tepung, jagung, dll. Makanya mulai usia 12 bulan, anak disarankan minum susu maksimal 20 onces / 625 ml sehari. Dan ini akan bertambah kecil porsinya sesuai dengan perkembangan usia anak.

Jadi kalau lebih baik mana antara susu formula dan susu cair kalau untuk anak bayi yang jelas lebih baik susu formula.

Kalau untuk anak usia 12 bulan keatas ya tergantung kebutuhannya, bila si anak sudah gendut, lebih baik diberi susu cair yang reduced fat, tapi kalo berat badannya kurang atau cukupan, ya bisa diberi susu cair yang whole milk.

Sebenarnya kalau kita pingin mencari DHA, ARA atau zat besi yang ada didalam susu formula itu nggak perlu minum susu formula kok, itu bisa juga didapat dari dietnya, dari makanan sehari-hari, cukup dengan minum susu cair 2 gelas sehari.

Pokoknya jangan mengandalkan susu ( terutama susu formula) untuk mendapatkan zat-zat gizi yang didalamnya. Karena kalau anak usia 12 bulan keatas perlu zat gizi yang lebih besar.

Duh, mbak, kalo mau cerita aku bisa cerita panjang lebar niy :). Oke deh, segitu dulu ya... :)Jangan sungkan lho kalo mau nanya-nanya lagi...:)

lovemama said...

Wah serunya.... lha di Jepang ngga ada hari ultahnya tuh.... hihihihi.
Tp tiap musim panas disemua kota ada pesta kembang api....hehehehe

Ophi said...

Mau mau liat poto2nya..dipijitin dari jauh atuh nya...supados tiasa ngapload potoh...hehehe

Lili said...

Bu Dokter Heni, makasih yah. Ummi jg dapet info langsung yg jelas di sini.

Bunda Lia, wah seru yah pengalaman pertama liat kembang api yg super gede.

Di seluruh Amerika tuh udah tradisi yah pasang kembang api setiap hari kemerdekaan?

roro said...

heu heu heu ... eta raka, kabayang, balap karung keberatan, hi hi hi....