*

Saturday, July 09, 2005

Rutinitas Tidur Malam

Berikut terjemahan bebas dari obrolan yang terjadi hampir setiap malam menjelang tidur

Ibu : Ka...Ai... sudah jam 9 bobo yuk!
Raka : hayu...pipis dulu, gosok gigi, baca buku, do'a dan bobo...

Raka pipis dan gosok gigi sendiri,ibuna urus Ai. Tugas Ayah bacain buku biasanya antara 1-5 buku. Selesai itu berdo'a

Raka : Bismikaallohuma ahya wa biismika amuuut
Ya Alloh semoga Aka cepet bobo, nyenyak, besok bangun lebih sehat,lebih sholeh,
lebih baik,lebih pinter,lebih anteng...Ayah, Ibu, Ai juga Amiinn.

Lampu mati,siap untuk tidur semua lengkap. Ibu disamping Ai, Ayah disamping Raka.
Mulailah Raka beraksi, guling sana sini, dengan alesan mau bobo pegang tangan Ai, berubah posisi jadi deket Ai,bukannya tidur malah jadi maenlah berdua itu. Pisahkan lagi...15 menit berlalu Ai sudah mulai bobo, Raka masih cerita sendiri apapun jadi obrolan. Ayahna sudah terbang entah sampe mana hihi Yah...bangun woi!

Ibu : Ka cepetan bobo, cape...mata,badan,kaki,tangan dipake seharian perlu istirahat
Raka : Iya...tiduran dan merem kan?
Diam....5 menitan
Raka : Bu....
Ibu : Baca Al Fatihah yu!!
Raka : Ibu atuh yang baca!
Ibu : *eh budak teh * Yuk barengan.....
Al Fatihah beres...diam
Raka : Bu...ngadongeng atuh!
Ibu : Tidak...karena waktunya bobo...kan tadi sudah baca buku, merem!!coba itung ada berapa jumlah semua kaki sapi, sapinya ada 5. Nanti Raka lama-lama bobo.
Raka : Iya...*sambil merem* one, two, three,.....
Duh...ibunya sudah putus asa...
Ibu : Ka itungnya dalam hati ya...
Raka : Gimana dalam hati teh Ibu?
Ibu :Tidak bersuara dipikiran saja diitungnya *ngerti nggak yah Raka?*

Tapi setelah itu saya membiarkan Raka bolak-balik kesana-sini,dengan berbagai posisi, nungging, telentang,tengkurap dan akhirnya bobo dengan posisi entah dimana dan bagaimana. Biasanya lepas dari jam 10,kadang masuk angka 11 malam baru lelap. Padahal tidur siang sudah tidak pernah lagi,eh pernah deng sekali waktu berkendaraan sore2 ketiduran dan akhirnya jam tidur malampun lebih molor. O,iya pernah satu waktu dalam masa guling sana-sini itu tiba-tiba Raka mendekat saya pikir mau barengan sebantal eh taunya memeluk dan mencium *uhuy si ibupun tersipu* tadinya mau protes karena gerak2 jadi nggak jadi deh *malu da Ibu*. Lanjut bu...

Trus...trus kan saya sudah baca2 berbagai tips seputar tidur anak seperti yang berikut :

  • Menetapkan waktu makan malam kurang lebih 3 jam sebelum tidur,supaya pencernaanya tidak bekerja terlalu berat ketika tidur yang hanya akan menyebabkan tidur tidak nyaman
  • Bermain tenang,untuk mulai membuat tubuh rileks
  • Mandi air hangat,selain untuk kebersihan dan menghilangkan kemungkinan gatal,juga memberi kesegaran dan kenyamanan.
  • Perdengarkan musik lembut
  • Buat susana kamar nyaman dan redup
  • Pembiasaan waktu tidur yang konsisten
  • Memilih tayangan TV khusus untuk program anak tanpa ketegangan dan menyeramkan
  • Olah Raga teratur

Tips diatas sudah dijalankan, mungkin olah raganya nih, jalan kaki, loncat-loncat, lari-larian termasuk olah raga nggak ya?kalau iya berati semua sudah dilaksanakan,tapi masih belum sukses tetep we tiap malam agak-agak susah.

Tips diatas diambil dari berbagai sumber, barangkali ada yang kurang dan bisa menambahkan, kasih tau saya ya! kan selain bermanfaat untuk saya, bermanfaat juga untuk yang lain yang mungkin punya pengalaman sama, so Makasih :)

17 comments:

roro said...

wah, sayah saja masih susah tidur nih bu. bagaimana ya... malah jadi chatting kalo liat yang OL :)

** eta raka kabayang gulang guling gag ngantuk, hi hihi...

Ophi said...

Ada satu lagi li..minum susu angeut udah belum...?Tapi kayanya ada masanya meureun nya...tidur malem..kaka tah ponakan sayah sempet dalam waktu 1 bulan, tidur jam 1an..tapi kudu diputer2 di stroler nepikeun teteh saya teler..hehe pdhl udah 4 taun basa eta teh..

BidadarI MungiL said...

Tan Lia, itu cendolnya belum dicoba soalnya belum sempat beli tepung hun kwe ke toko Indonesia yg ada di centrum. Di rumah Rai sama Raka ngomongnya pake bahasa sunda ya??? Iya, biar nggak hilang ya bahasa ibuna :)

TomInta family said...

Frisch luft tut immer gut, gitu kalo kata orang Jerman mah.Udara segar mempunyai efek baik, gitu kira kira terjemahan bebasna teh. Inta suka merhatiin, kalo siang hari Irsyad "dikencarkeun" kaluar hihihi sadisnya bahasana,.. diluar dia jalan2 lari2 dll dsb, tidurnya akan lebih cepat drpd hanya beraktifitas didalam rumah, walaupun dirumah jg menurut Umminya udah cukup heboh. Tapi entah kenapa kalo diajak menghirup udara segar, baik Irsyad cuma duduk di stroller ataupun ciling cingcat kaditu kadieu,biasanya bobonya akan lebih cepat.
Barang kali bisa diterapkan pada Raka??

The Journey said...

waah..sama tuh mbak..maap banget belum nemu tips yang jitu^o^. Emang kali kudu dinikmatin yaa..
mmhhgf..ini baru anak 2 kalo lebih dari itu gimana yaa?

yanti said...

Teh Lia, nuhun tips2nya ya... Naila sih jarang susah tidur, kecuali klo dia lagi terlalu 'excited' main krn lagi banyak orang misalnya ;).

Heni said...

Wah, kalo itu sih udah masalah aku daru dulu. Sejak lahir sampe Fasha usia 9 bulan kita masih tinggal di Yogya, jadinya banyak yang bantu ngasuh Fasha. kalo bobok Fasha digendong-gendong.

Sampe sini nggak ada yang bantu jadinya capek kalo mesti gendong terus. Dulu pernah dicoba kita bobok dikasur berdua sambil Fasha dinyanyiin dan ditepuk-tepuk. Tapi lama-lama nggak bobok-bobok dan akunya yang udah kehabisan nafas, hehehe...

Terus semenjak Fasha udah pisah kamar sendiri aku bacain buku cerita terus tiap malem, lama-kelamaan dia bobok, lalu lampu dimatikan ganti lampu tidur, ya udah ditinggal deh. Alhamdulillah sekarang cara itu work out. malah Fasha jadi tau kalo bobok siang dan malem harus dikamarnya sambil dibacain buku cerita.

Kalo mau tau trik-trik yang lain, bisa lihat ke www.parents.com. Kebetulan aku langganan majalahnya. Ini aku beri bbrp tips dari website itu untuk membobokkan anak. Semoga berhasil...:).

5 steps to lull your child to sleep
• Keep your toddler active during the day with plenty of outdoor play.
• Create a consistent, calming bedtime ritual. Start with a warm bath, for instance, then play quietly together in his room.
• Cuddle your toddler in your lap as you read a story or sing songs together.
• Don't let your child get used to sleeping with a bottle or dozing off in your arms. Offer her a comfort object instead, such as a stuffed doll or a blanket.
• Play a tape or CD of soft lullabies or soothing music as you leave the room.

Rainier & Mom said...

waduh raka ga bisa bobo yah hi..hi.. kalo ama tante cocok tuh, tante kadang suka insomnia, si papanya rai ama rai tidur, tante begadang..

shendy

Lili said...

duh sama deh sama Fawwaz, kalau upacara mau tidur tuh nonggeng, salto, turun naik tempat tidur, cetek2 lampu dll...seru deh.

Anonymous said...

wah sama yah.. kyknya seumuran raka/ara teh sama masalahnya..
kadang saya tinggalin bobo duluan ajah da cape nungguin dia gulang guling sorangan wae *hihihi kok sama yah sama ayahna raka*

intan

Lia said...

Wah ternyata umum ya,atoh banyak temen hihi. tapi terima kasih banyak untuk sharingnya,juga tips2 tambahannya....

Rahmi Sukma said...

Asyik juga neeh, jadi ikutan baca tips dari teman2 laennya.... tq.

widie said...

Hehe..lutunya raka ya..adiknya mah dah terlelap gt...keknya semua masalah orang tua tuh boboin anak2 ya..krn jam tdrnya kan sdh banyak jd kitanya dah teler mereka msh seger..maunya maen..terus. Akbar kadang kl dah kecapean, enak sekali tdrnya..tp msh tergantung kempeng sm dotnya (jelek bgt ya)..tp kl siangnya tdrnya lama..bs2 sampe malem 12 lewat smpe abahnya bawa jalan2 keluar..ahk..susah...capek ya..jd ngantuk neh..uah..tidur ahk...

Ossy said...

Wah si Raka luthu kek Aika... kl mo bobo kenyang ASI lgs deh guling sana sini... trs ntar ketiduran ntah dimana kekekekeke. Cuma sejak sekolah, Aika mulai tertib jam-nya biasanya jam 19 ajah dia udah ngantuk... kecapean maen di skolah kayaknya... lha wong gak bisa diem gitu....

Wow tipsnya boleh jg tuh... tp memilih tayangan TV, keknya gak bisa berlaku buat Aika... ntar malah nonton tipi kagak bobo... kekekeke

Humeyra said...

Aihh k Raka slalu dibacain buku yahh ama Papanya.

Kalo Meyra sblon bobo harus didepan pc dulu ngetik2 dikit baru bobo lelap deh :)

Humeyra said...

Waduh waktu umur brapa Raka perna coba isep jempol kaki ? 7 bulan ?

Gaswat dehh yah umur sgitu ... Perlu waspada neh. Mudah2an Meyra kage dehh .. :)

astri said...

hihihiy lucu baca dialog sebelon bobonya.. :D

rakaaa... ayo bobo.... :D