*

Saturday, July 02, 2005

Riungan di Rumah

Hari jumat kemarin kami sekeluarga mengundang 12 orang Bapa dan Ibu Guru Indonesia yang sudah 4 minggu ini 'Training' di Amherst,sekalian mengundang Ibu sepuh yang 2 hari sebelumnya ketemu di BigY,Mickey dan suaminya Ralph. Sedikit kisah alasan mengundang mereka berdua ini. Mickey dan Ralph pernah tinggal di Indonesia untuk beberapa lama,pertama datang ke Jakarta tahun 1973 (ayo sudah pada lahir belum?) tinggal beberapa tahun,Ralph bekerja sebagai konsultan ekonomi jaman Perdana Menteri Ali Wardana, mereka kembali ke Amerika dan sekitar tahun 80-an kembali ke Jakarta tinggal beberapa lama. Nah saya pikir mereka ini pasti senang ketemu dengan sedikit komunitas Indonesia dan mencicip makanan Indonesia. Kenyataannya wah mereka seneng banget,malah Mickey berusaha sekali berbahasa Indonesia dan memang Bahasa Indonesia mereka masih bagus. Selain mereka ada juga Bapak Muhammad dari Kashmir dan Bapak Nizam dari Malaysia yang menjadi korban bahasa hehe,tapi ada juga kok yang menterjemahkan.

Saya berusaha sajikan makanan Indonesia,serupa tapi tak sama persis hehe,ada pepes ayam,sambel goreng daging,balado telor,kerupuk,karedok,sambel lalap,sayur lodeh dan yang lainnya cendol,martabak telor,semangka. Minumnya teh dan minuman ala amerika fanta dkk. Mas Utama bawa juga minuman sama jagung buat bakar. Oya Raka sama Ai dapat present dari Nenek Kakek Mickey Ralph, juga coklat dari Ibu bapa guru, Ibunya juga dapat kerupuk,emping,sambel dsb dari Mickey juga hadiah2 asli Indonesia,duh makasih banyak...senangnyaa.

Anak-anak tuh seneng banget banyak orang datang ke rumah,malah pas Nenek Mickey ngasih present Raka langsung lonjak2 trus minta dibuka horeee puzzle...langsung bongkar dan pasang,Ai dikasih sama Kakek Ralph dan minta buka sama si Kakek ayo...apa?... fishing,coklat sih disembunyiin supaya mereka makan dulu.

Sebagian makan,sebagian bakar jagung,bergiliran,jadi semua selesai makan,jagungpun siap saji. Satu yang saya sesali,bikin sambelnya gak gitu banyak,habis malah ada yang gak kebagian,maafkanya biasanya bikin banyak lo...*ngeles* baru keliatan sedikit setelah mateng,mau bikin lagi gak keburu. Biasanya bikin2 sambel dan bumbu itu dari malemnya siang tinggal diolah,eh malemnya itu ketiduran dan baru pagi2 semuanya disiapkan,mana ayahnya teh ada kelas pagi itu,jadi ya yang anak-anak harus rela berbagi waktu dan membantu,alhamdulillah semua makanan yang direncanakan tersaji lengkap,soal rasa entahlah...semoga bisa mengobati kangen mereka. Malah Nenek Mickey bilang "wah makanan Indonesia,saya suka...suami saya suka makanan Padang pedass",untung bikin balado telor tuh lumayan memadang dikit.


Ini bukan kerja paksa lo...ini kerelaannya Ai sendiri bantu Ibu,kasian mungkin liat ibunya berpeluh... nangis juga nggak untung karena hanya dilirik,jadi mending bantu...Raka juga bantu dengan diam nonton Little People dan maen games Boowa Koala,sesekali ke dapur "Ibu teh nuju ngadambel naon?seungit naon ieu teh?" (Ibu sedang bikin apa?bau apa ini?).
Mereka dikasih tau kalau akan ada tamu banyak,jadi lumayan cooperativ dan hasilnya sangat membahagiakan semua.
Ayo...ayo pada dateng ke rumah kami,nanti disuguhin cendol deh...ini cendolnya sengaja tidak dipajang,bisi kabita *geer deh sayah*

13 comments:

TomInta family said...

Asyik...asyik... dibumi Lia seueur tuangeun.... iraha tiasa mampir nya??
Duh, Raka Ai meni bageur mantuan Ibu nya? itu patuangana Ai dugi ka nyemplu kitu :D akibat ibu masak waenya?...;)

Rahmi Sukma said...

Senang ya kalo kumpul-kumpul Li. Uda Ghazy juga senang banget rumahnya rame. Klow ada arisan di rumah, kek ngitung hari deh. Klow banyak sodara yang ke rumah loncat2 kegirangan. Senangnya juga bertambah klow makanannya laku....
Aduuuh, kapan ya bisa mampir ka bumi na Lia??? Hoyong es cendol euy...

Zubia's Mom said...

duh mbak, begitu baca kata riungan, langsung ingetan saya melayang ke Bogor, kota yang pernah saya cintai:-D

Dan aduuh mau dong cendolnya.D untung kemarin sudah ada bazar di sini, kalo ndak bisa ngeces beneran nih mbak:D

Sun buat kak Raka dan de Rai.

Rainier & Mom said...

dooh..tante, gak cape tuch, kayaknya tiap kesini tante masak2 wae..heibadh euy..

Ai, pinter yah bantu2 mamah, aku jga suka pegang2 sapu dan ngepel lantai, niatnya siy pengen bantu..:)

Bidadari MungiL said...

Duuhhh asyiknya ngeriung...Alhamdulillah, anak2 memang malah bisa tertib kalau kita lagi sibuk ya Tan. Tan Lia, serius nih, mau minta resep es cendolnya dong...bener ya Tan kirim ke sini :)

yomori said...

Wuihh, si Ibu Rai dan Raka masakanya kayaknya lezat banget tuh.. kita jadi ngiler :-), Weleh2 si Aa Ai rajin eui bantuin ibu.

Lili said...

Ai pintar, udah bisa bantu2.
Kalau di sini karena ada mbaknya jadi anak2 Indo tuh gak tanggap utk membantu pekerjaan rumah.

Jadi Ummi sering minta tolong Fawwaz utk tady up mainannya saja, latihan membantu..hi..hi.

retma-haripahargio said...

Nyam...nyam.... duh. Jadi ngiler nih. Hidangannya banyak banget!!!! Ai... aduh lucu amat!!! **big hug**

roro said...

tahhhh... akhirna selesey oge acara teh, eta sesa cendol kirimkeun kadieu Li :)

punten teu acan tiasa nongol deui kamari pan ngirin STC tea :)

Anonymous said...

walaaa.... lagi banyak makanan yaaaa :)

::YANTI:: http://jalankenangan.net

wati said...

Aduh..Neng Lia teh meni mamasak wae, jadi kabita ku cendol na euy :p btw napa dikau jarang OL akhir2 ini yaw?..kecapekan masak2 ya?..hehehe

widie said...

Wah..maap neh..dah lama ga maen, banyak ceritanya ya..Itu asyik skl selalu kedatangan rombongan, jd pengobat rindu kampung halaman ya...Wah percaya deh kl Teh lia jago masak...hehe..repot tapi seneng ya Teh..untung anak2 bs ngerti, udah bukan rumah makan padang aja hehe..ato rumah sunda ada ga sehh...
Ai..!!! hidup Ai...ayo kesini aja rmhnya tante kotor neh, krn Akbar sakit smp belum sempet beres2 hehe...

Ophi said...

Abdi mah ngincer jagong bakarna...aya nu rebus teu nya...ahh asa di lembang yeuhh